Find Us On Social Media :

ASUS Hadirkan Mainboard Z490 untuk Intel Core Generasi ke-10

By Cakrawala, Senin, 4 Mei 2020 | 23:30 WIB

ASUS luncurkan mainboard dengan chipset Intel Z490 untuk Intel Core Generasi ke-10.

Menyusul peluncuran Intel Core Generasi ke-10 untuk dekstop, Comet Lake S, ASUS menghadirkan pula mainboard dengan chipset Intel Z490 yang mendukung lini prosesor baru tersebut. ASUS menghadirkan beragam mainboard dengan chipset Intel Z490 di dunia, mulai dari ROG Maximus XII Extreme yang ditujukan untuk yang mencari mainboard yang terbaik, sampai Prime Z490M-Plus yang ditujukan untuk yang mencari mainboard untuk berbagai keperluaan penggunaan yang umum.

Secara keseluruhan, ASUS mengumumkan peluncuran lima lini atau kelompok mainboard dengan chipset Intel Z490. Kelimanya adalah ROG Maximus, ROG Strix, TUF Gaming, ProArt, dan Prime. ROG Maximus ditujukan untuk overclocker dan gamer atau pemain gim ekstrem, ROG Strix untuk pemain gim yang sadar gaya, TUF Gaming untuk pemain gim kasual dan yang pertama kali membangun PC-nya, ProArt untuk tenaga kreatif yang profesional, dan Prime untuk pembangun PC berbagai keperluan.

Selain ProArt, ASUS menawarkan beberapa mainboard untuk setiap lini. Tiga di antarnya adalah ROG Maximus XII Extreme yang merupakan bagian dari lini ROG Maximus, TUF Gaming Z490-Plus (Wi-Fi) yang merupakan bagian dari TUF Gaming, dan Prime Z490M-Plus yang adalah bagian dari Prime. Adapun chipset Intel Z490 sendiri diklaim ASUS menawarkan berbagai fitur terkini, seperti USB 3.2 Gen 2, dukungan Intel Optane Memory, dan kemudahan menghadirkan Wi-Fi 6. ASUS pun tentunya menambahkan fitur-fitur lain.

ROG Maximus XII Extreme merupakan varian tertinggi dari para mainboard dengan chipset Intel Z490 yang diluncurkan ASUS kali ini. ROG Maximus XII Extreme antara lain hadir dengan 16 power stage untuk prosesor, OptiMem III, 2 x USB 3.2 Gen 2 Type-C, Ethernet 2,5 gigabit Intel, Wi-Fi 6 Intel, AI Overclocking, dan AI Cooling. ROG Maximus XII Extreme pun hadir dengan form factor Extended ATX yang lebih luas dari ATX.

Power stage maupun power phase yang lebih banyak biasanya bisa memenuhi kebutuhan daya yang lebih tinggi, sedangkan OptiMem III diklaim ASUS bisa mendukung memori utama DDR4 berfrekuensi tinggi dengan lebih baik. Sementara; USB 3.2 Gen 2 Type-C, Ethernet 2,5 gigabit, dan Wi-Fi 6 adalah aneka antarmuka terkini. Ethernet 2,5 gigabit Intel dan Wi-Fi 6 Intel sendiri merupakan dua fitur yang dikemukakan Intel saat meluncurkan Intel Z490 menemani Intel Core Generasi ke-10 untuk dekstop. Adapun AI Overclocking dan AI Cooling merujuk pada kemampuan dari perkakas pada mainboard ASUS seperti ROG Maximus XII Extreme dalam mendeteksi konfigurasi komponen yang digunakan termasuk sistem pendingin, untuk memberikan pengaturan yang optimal saat overclock maupun untuk kecepatan kipas.

TUF Gaming Z490-Plus (Wi-Fi) disebutkan ASUS menawarkan kemudahan untuk di-set up dan dikonfigurasi. Beberapa fasilitas yang menjadi andalan seperti 12 + 2 power stage, dua slot M.2 yang salah satunya dilengkapi heatsink, USB 3.2 Gen 2 Type-C, USB 3.2 Gen 2 Standard-A, dan Wi-Fi 6 Intel. M.2 memang sudah menjadi form factor yang umum digunakan untuk consumer SSD dengan kecepatan tinggi karena mendukung PCI-Express. Kedua slot M.2 pada TUF Gaming Z490-Plus (Wi-Fi) pun mendukung PCI-Express 3.0 x4. Tambahan heatsink sendiri bisa membantu SSD untuk membuang panasnya sehingga kinerjanya tidak turun saat bekerja keras. Adapun form factor dari TUF Gaming Z490-Plus (Wi-Fi) adalah ATX.

Sementara, Prime Z490M-Plus merupakan satu-satunya mainboard yang diluncurkan ASUS yang memiliki form factor microATX. Meskipun lebih kecil dari varian ATX, Prime Z490M-Plus tetap hadir dengan aneka fitur yang membuatnya bisa mendukung Intel Core Generasi ke-10 tanpa masalah, begitu juga berbagai penggunaan yang umum. Prime Z490M-Plus antara lain hadir dengan 8 + 1 power stage, dua slot M.2, USB 3.2 Gen 2 Type-C, dan USB 3.2 Gen 2 Standard-A.

Detail lebih lengkap mengenai seluruh mainboard dengan chipset Intel Z490 yang diluncurkan ASUS bisa Anda lihat pada ASUS Z490 landing page. ASUS memperkirakan ketersediaan para mainboard tersebut di Indonesia adalah pada akhir Mei 2020 ini.