Find Us On Social Media :

GIGABYTE Umumkan Lini Z490 AORUS dengan Kemampuan Suplai Daya Tinggi

By Cakrawala, Selasa, 5 Mei 2020 | 21:17 WIB

GIGABYTE meluncurkan lini mainboard Z490 AORUS yang ditujukan untuk Intel Core Generasi ke-10. Salah satunya adalah GIGABYTE Z490 AORUS MASTER.

GIGABYTE beberapa hari lalu mengumumkan lini Z490 AORUS-nya di dunia. Lini GIGABYTE Z490 AORUS merupakan lini mainboard untuk prosesor Intel desktop terbaru, Core Generasi ke-10. Tak sekadar mendukung prosesor dengan codename Comet Lake S tersebut, GIGABYTE Z490 AORUS pun menawarkan kemampuan untuk mensuplai daya dengan jumlah tinggi kepada prosesor dan komponen lain, serta fitur lainnya pula. Kemampuan untuk mensuplai daya yang besar antara lain bisa membantu tatkala prosesor membutuhkan daya tambahan karena di-overclock.

Setidaknya terdapat sembilan mainboard GIGABYTE yang masuk ke dalam lini Z490 AORUS, mulai dari GIGABYTE Z490 AORUS EXTREME WATERFORCE sampai GIGABYTE Z490 AORUS ELITE. Kesembilan mainboard ini memiliki kemampuan untuk menyuplai daya ke prosesor dalam jumlah yang tinggi. Namun, tentunya terdapat perbedaan antara varian, misalnya antara yang tertinggi dengan yang terendah. Contohnya, sebagai varian tertinggi GIGABYTE Z490 AORUS EXTREME WATERFORCE menawaran 16 power phase, sedangakan sebagai varian terendah GIGABYTE Z490 AORUS ELITE menawarkan 12 power phase.

Selain kemampuan menyuplai daya dengan jumlah yang tinggi, GIGABYTE juga mengklaim Z490 AORUS memiliki dukungan terhadap memori utama DDR4 yang bagus. GIGABYTE Z490 AORUS mendukung DDR4 dengan kecepatan efektif sampai 4.800 MHz, serta mendukung pula keping DDR4 dengan kapasitas 32 GB.

Begitu pula dukungan media simpan, utamanya SSD, dengan form factor M.2 dan antarmuka PCI-Express. Bahkan, pada beberapa varian GIGABYTE Z490 AORUS terdapat Thermal Guard II. GIGABYTE menyebutkan Thermal Guard II merupakan peningkatan dari pendingin sebelumnya sehingga mampu memberikan pendinginan terhadap kedua sisi SSD M.2. GIGABYTE pun mengklaim pendingin untuk SSD M.2 pada aneka mainboard dari berbagai produsen lain sering kali hanya mendingkan satu sisi saja. Meski Thermal Guard II hanya hadir pada beberapa mainboard Z490 AORUS yang diluncurkan, GIGABYTE tetap menyematkan pendingin seperti Thermal Guard untuk SSD M.2 pada mainboard Z490 AORUS lainnya.

Intel sendiri mengedepankan dukungan terhadap Intel I225 dan Intel Wi-Fi 6 AX201 ketika peluncuran chipset Z490. Dengan dukungan tersebut, produsen mainboard dengan Intel Z490 lebih mudah menghadirkan Ethernet 2,5 gigabit Intel dan Wi-Fi 6 Intel, tetapi bukan berarti pasti tersedia karena terdapat komponen yang harus ditambahkan. Nah, kecuali varian ELITE, GIGABYTE Z490 AORUS telah menggunakan Ethernet 2,5 gigabit Intel. Adapun varian ELITE tetap menghadirkan Ethernet 2,5 gigabit, tetapi bukan dari Intel. Sementara, untuk Wi-Fi 6 Intel, beberapa varian dari GIGABYTE Z490 AORUS telah menghadirkannya.

Tak ketinggalan perihal audio. GIGABYTE menyebutkan lini Z490 AORUS-nya dilengkapi dengan komponen audio yang mumpuni, mulai dari penggunaan CODEC yang bagus sampai penggunaan kapasitor yang baik. Bahkan varian atas dari GIGABYTE Z490 AORUS menggunakan DAC (digital to analog converter) dari ESS, tepatnya ES9018K2M. ESS sendiri dikenal sebagai salah satu penghasil DAC terbaik di dunia.

Adapun kesembilan GIGABYTE Z490 AORUS yang dimaksud adalah GIGABYTE Z490 AORUS EXTREME WATERFORCE, GIGABYTE Z490 AORUS EXTREME, GIGABYTE Z490 AORUS MASTER, GIGABYTE Z490 AORUS ULTRA G2, GIGABYTE Z490 AORUS ULTRA, GIGABYTE Z490I AORUS ULTRA, GIGABYTE Z490 AORUS PRO AX, GIGABYTE Z490 AORUS ELITE AC, dan GIGABYTE Z490 AORUS ELITE.

Mengenai ketersediaan kesembilan mainboard GIGABYTE Z490 AORUS tersebut di tanah air beserta harganya, belum terdapat informasi lebih lanjut.