Find Us On Social Media :

Keren, Teknologi AR Ini Bisa Copy dan Paste Benda Nyata ke Photoshop

By Rafki Fachrizal, Rabu, 6 Mei 2020 | 13:45 WIB

AR Cut and Paste

Saat ini, Augmented Reality (AR) merupakan salah satu teknologi yang mengalami perkembangan begitu pesat.

Perkembangan yang terbaru, teknologi ini bisa digunakan untuk meng-cut (memotong) atau copy (menyalin) sebuah benda di dunia nyata ke dalam perangkat laptop/PC.

Inovasi teknologi AR itu sendiri pertama kali diketahui dari cuitan Twitter seorang programmer bernama Cyril Diagne.

Dalam cuitannya, ia membagikan sebuah video demo yang menunjukkan bagaimana teknologi AR dapat memungkinkan seseorang untuk melakukan copy dan paste (menempel) benda dari dunia nyata ke dalam laptop terdekat yang sedang menjalankan software desain seperti Photoshop.

Jika melihat dari video demo tersebut, cara penggunaannya sangat mudah dan rasanya cocok untuk Anda yang sering kesulitan mencari ilustrasi benda untuk keperluan desain atau mengerjakan dokumen.

Pengguna cukup mengarahkan kamera smartphone ke arah benda di dunia nyata yang ingin ditangkap, dan setelah itu mengarahkan smartphone tersebut ke layar laptop sehingga benda akan otomatis muncul dalam bentuk digital.

Diagne sendiri mengungkapkan jika teknologi AR ini bekerja berkat dilengkapi Machine Learning (pembelajaran mesin). Dalam melakukan copy dan paste, Diagne mengatakan perlu waktu sekitar 2,5 detik untuk meng-copy objek dan 4 detik untuk melakukan paste.

Namun, ia mengklaim durasi untuk melakukan pemindai itu bisa dipercepat. Bahkan, dia sudah menaruh inovasi AR ini di GitHub (https://t.co/cVddH3u3ik?amp=1) sehingga siapa saja yang merasa ingin memperbaiki kecepatan pemindainya dapat melakukannya sendiri.

Di lansir dari The Verge (6/5), saat ini teknologi tersebut masih bersifat prototipe saja. Akan tetapi, jika melihat dari video demo yang dibuat Diagne, ada kemungkinan jika beberapa perusahaan teknologi besar, seperti Google atau Apple, sudah atau tengah melakukan inovasi yang sama untuk produk-produk terbarunya nanti.

Jadi, berharap saja bisa melihat teknologi AR tersebut hadir di smartphone Anda dalam waktu dekat ini.