Find Us On Social Media :

NFC Forum Hadirkan Standar untuk Wireless Charging Melalui NFC

By Cakrawala, Rabu, 6 Mei 2020 | 23:35 WIB

NFC Forum telah menyetujui dan mengadopsi Wireless Charging Specification yang memungkinkan wireless charging melalui NFC.

NFC Forum baru saja menyetujui dan mengadopsi Wireless Charging Specification sehingga standar global untuk wireless charging melalui NFC (near field communication) kini tersedia. Dengan disetujui dan diadopsinya Wireless Charging Specification oleh NFC Forum, nantinya perangkat tertentu, termasuk perangkat IoT (internet of things) yang memiliki NFC bisa diisi ulang energi baterai isi ulangnya memanfaatkan NFC alias mendukung wireless charging melalui NFC. Selama ini NFC memang memungkinkan transfer daya ke perangkat NFC yang pasif seperti NFC tag. Wireless Charging Specification meningkatkan kemampuan tersebut.

"Wireless Charging Technical Specification milik NFC Forum membolehkan wireless charging terhadap perangkat kecil yang ditenagai baterai seperti yang ditemukan pada banyak perangkat IoT yang digunakan hari ini yang diperkirakan ada sebanyak 36 miliar," ujar Koichi Tagawa (Chair, NFC Forum). "Wireless charging NFC adalah benar-benar transformatif karena ia mengubah cara kita mendesain dan berinteraksi dengan perangkat kecil yang ditenagai baterai sejalan dengan eliminasi steker dan kabel membolehkan pembuatan aneka perangkat yang lebih kecil dan kedap udara," tambah Koichi Tagawa.

Sekadar informasi, NFC Forum adalah asosiasi nirlaba yang mempromosikan standarisasi dan implementasi teknologi NFC dengan tujuan memastikan interoperabilitas antara aneka perangkat maupun berbagai layanan yang menggunakan NFC. NFC Forum bertujuan untuk mengembangkan solusi terbaik yang dimungkinkan untuk memajukan penggunaan dari NFC.

Wireless Charging Specification memungkinkan penggunaan antena tunggal pada perangkat yang memanfaatkan NFC untuk komunikasi dan pengisian ulang energi. Solusi seperti itu tentunya memudahkan pengisian ulang energi dari perangkat IoT yang berdaya rendah seperti smartwatch, fitness tracker, heaphone/headset nirkabel, dan pena digital.

Wireless Charging Specification sendiri dipublikasikan tahun lalu dan kala itu masih merupakan kandidat. Dengan disetujui dan diadopsinya spesifikasi tersebut, Wireless Charging Specification kini siap untuk diimplementasi pada berbagai perangkat yang akan hadir di pasar.