Find Us On Social Media :

Tiga Menu GrabFood Paling Laris di Indonesia Selama Pandemi Corona

By Adam Rizal, Jumat, 8 Mei 2020 | 16:00 WIB

GrabFood

Grab Indonesia mengungkapkan ada lima perubahan kebiasaan konsumen Indonesia selama pandemi Corona. Salah satunya adalah kenaikan pembelian makanan melalui GrabFood.

Data tersebut didapat berdasarkan riset Grab Analytics dengan membandingkan data pada Maret 2020 lalu dengan Oktober 2019. Perbandingan ini didasari kasus pertama pasien positif virus corona diumumkan pada awal Maret.

Selama masa pandemi ini, transaksi GrabFood naik sebesar 4%, sementara jumlah makanan yang dipesan dalam sekali pemesanan (basket size) naik sekitar 7%. Sebelumnya, masyarakat Indonesia lebih banyak berbelanja di GrabFood untuk membeli kudapan sore mereka.

Namun, pada Maret lalu sebelum puasa, makan siang menjadi waktu di mana mereka berbelanja lebih banyak dengan kenaikan jumlah pesanan makanan sebanyak 9,4% dalam satu kali pesan (basket size).

Saat jumlah pesanan makanan sehat di negara lain menurun, masyarakat Indonesia lebih memilih makanan sehat dengan kenaikan jumlah pesanan sebanyak 7,4%.

Namun, masyarakat Indonesia tetap suka ngemil, dengan kenaikan jumlah pesanan snack sebesar 15,4%.

Makanan ayam goreng tetap menjadi menu terlaris selama masa kerja dari rumah, diikuti oleh es kopi dan aneka mie. Sebagai perbandingan, sebelum pandemi Corona, tiga menu terlaris GrabFood adalah ayan goreng, bubble tea, dan pisang goreng. 

Meningkatnya transaksi GrabFood ini juga berpengaruh pada meningkatnya besaran tip yang diberikan konsumen. Tercatat, rata-rata besaran tip untuk pesanan GrabFood meningkat sebesar 63% dibandingkan bulan sebelumnya, dan jumlah pesanan yang diberikan tip meningkat sebesar 38%.

Jadi, masyarakat Indonesia tidak hanya memberikan tip lebih sering, namun besarannya juga bertambah.

"Sejak awal pandemi COVID-19 memasuki Indonesia, misi GrabForGood untuk memastikan bahwa kami dapat memanfaatkan teknologi untuk kebaikan terus kami jalankan," ungkap Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada para mitra Grab yang terus bekerja untuk memastikan roda perekonomian di Indonesia terus bergerak. Juga kami ingin berterima kasih bagi pelanggan Grab yang terus mempercayai kami untuk terus melayani setiap hari. Mari bersama melewati ini semua," tambah Neneng.