Find Us On Social Media :

Apa Jadinya Jika iPhone SE 2020 Disilet, Dibakar, dan Ditekuk?

By Adam Rizal, Sabtu, 9 Mei 2020 | 11:30 WIB

iPhone SE

iPhone SE generasi terbaru (2020) diluncurkan Apple pada pertengahan April lalu. iPhone versi murah ini membawa desain mirip iPhone 8 tetapi dengan tenaga sekelas iPhone 11.

Setelah beberapa minggu, ponsel tersebut akhirnya sampai di tangan "penyiksa" gadget Zack Nelson, atau yang lebih dikenal lewat kanal Youtube JerryRigEverything.

Ia pun langsung menguji ketahanan perangkat tersebut dari segala aspek, mulai dari layar, material ponsel, hingga tingkat kekokohan ponsel itu sendiri. Seperti biasa, proses pengujian dituangkan dalam sebuah video yang diunggah di kanal Youtube-nya.

Pertama-tama, Zack menguji ketahanan layar iPhone SE 2020 dengan aneka alat tajam yang memiliki tingkat kekerasan berbeda menurut skala Mohs Scale of Hardness, dari tingkat 2 hingga 9.

Biasanya, layar dengan material kaca bakal mulai tergores di level 5 ke atas, sementara layar berbahan dasar safir akan tergores di level 8 atau 9.

Benar saja, layar iPhone SE yang berlapis kaca mulai menghasilkan goresan di level 6, sementara tekanan goresan tampak lebih dalam di level 7.

Baca Juga: Gara-gara Pandemi, Apple Dikabarkan Tunda Produksi iPhone 2020

Layar tersebut juga sempat disundut oleh api dan tampak bisa bertahan selama 16 detik hingga benar-benar menjadi hitam.

Kemudian, Zack mencoba untuk mengupas seluruh bingkai sisi iPhone SE 2020 dengan pisau cutter. Karena berbahan logam, tak aneh jika bingkai yang dihiasi warna itu mudah terkikis.

Zack juga turut menggores permukaan kamera dan modul Touch ID iPhone SE 2020. Hasilnya, lapisan kaca kamera yang diklaim berbahan safir ternyata mulai tergores pada level 6 skala Mohs.

Sementara modul Touch ID sendiri tidak bisa digores oleh pisau cutter. Terakhir, Zack mencoba untuk mematahkan ponsel tersebut menjadi dua bagian.

Serupa dengan iPhone 11, iPhone SE 2020 juga tampak tak bisa dibengkokkan atau dipatahkan. Artinya, struktur ponsel tersebut bisa dibilang cukup kokoh untuk menahan segala benturan.

"iPhone SE 2020 tetap kokoh dan berhasil bertahan hidup dari uji coba yang saya lakukan," tutur Zack sebagaimana dikutip kanal Youtube JerryRigEverything.

Baca Juga: Banyak Pengguna Pakai Masker, Apple Update Fitur Face ID iPhone