Find Us On Social Media :

Alibaba Sediakan Teknologi CT Image Analytics untuk 2 RS di Indonesia

By Rafki Fachrizal, Senin, 11 Mei 2020 | 10:30 WIB

Ilustrasi Analisis Gambar CT Scan

Sebagai upaya membantu Pemerintah RI memerangi COVID-19, Alibaba Cloud mengumumkan kemitraannya dengan dua RS (rumah sakit) di Indonesia yaitu Rumah Sakit Eka dan Rumah Sakit OMNI.

Dalam kemitraan ini, Alibaba Cloud akan menyediakan teknologi analisis gambar CT Scan yang telah teruji sebelumnya untuk membantu kedua rumah sakit tersebut dalam mempercepat diagnosis kasus COVID-19.

Bagi setiap rumah sakit, Alibaba Cloud akan menyediakan algoritme miliknya untuk menganalisis gambar CT scan yang telah dianonimkan sebelumnya.

Hasil analisis kemudian akan dikembalikan ke rumah sakit masing-masing sebagai rujukan bagi para dokter untuk melakukan diagnosis yang lebih tepat berdasarkan data.

Analisis berbasis AI (Artificial Intelligence) ini dilakukan oleh Alibaba Cloud Indonesia, sehingga tidak ada data pribadi yang dapat disimpan atau diakses selama proses ini.

Leon Chen selaku Country Manager Alibaba Cloud Indonesia, mengatakan, “Dengan berkontribusi pada teknologi komputasi cloud dan AI, kami berharap dapat membantu menahan laju penyebaran pandemi bersama dengan rumah sakit di Indonesia."

"Pandemi ini adalah tantangan kritis bagi kita semua, dan kami berharap untuk menghadapi tantangan ini bersama dengan komunitas kesehatan setempat di Indonesia," tambahnya.

Baca Juga: Berkat Cloud Computing, Bisnis Microsoft Kian Perkasa

Lebih lanjut, portal sistem medis online www.thoraxcovid.id yang disiapkan oleh Medinesia, partner layanan TI lokal dari Alibaba Cloud Indonesia telah dibentuk untuk membantu lebih banyak rumah sakit memerangi COVID-19.

Rumah sakit dapat menggunakan portal untuk mengirimkan gambar-gambar CT scan pasien, yang akan dianonimkan dan dianalisis melalui algoritma Alibaba Cloud.

Hasil analisis akan dikirim kembali ke portal untuk referensi rumah sakit ketika membuat keputusan diagnosis.

Dibutuhkan kurang dari satu menit untuk menganalisis dan mengembalikan hasilnya. Layanan ini dihadirkan secara gratis untuk tiga bulan pertama.