Find Us On Social Media :

Qualcomm Umumkan Snapdragon 768G dengan 5G dan Peningkatan Kinerja

By Cakrawala, Senin, 11 Mei 2020 | 19:10 WIB

Qualcomm umumkan Snapdragon 768G dengan 5G yang tawarkan peningkatan kinerja dari SoC sebelumnya.

Qualcomm hari ini mengumumkan SoC terbarunya Snapdragon 768G di dunia. Seperti saudaranya Qualcomm Snapdragon 765G, platfrom mobile terbaru Qualcomm itu pun mendukung 5G dengan menintegrasikan modem 5G. Sejalan dengan namanya yang mengusung nomor lebih tinggi, Qualcomm Snapdragon 768G juga menawarkan peningkatan kinerja dibandingkan Qualcomm Snapdragon 765G. Dengan tambahan Snapdragon 768G, Qualcomm mengharapkan bisa makin menjawab meningkatnya permintaan akan smartphone 5G di dunia.

“Kami berada di posisi unik untuk mempercepat komersialisasi 5G dalam skala besar, dan Snapdragon 768G merupakan salah satu contoh bagaimana kami terus berupaya memberikan solusi yang dapat menjawab kebutuhan dari para original equipment manufacturer (OEM) konsumen kami,” kata Kedar Kondap (Vice President, Product Management, Qualcomm Technologies, Inc). “Portofolio kami yang terus berkembang berpotensi untuk membuat 5G dapat diakses oleh miliaran pengguna ponsel pintar di seluruh dunia,” sambung Kedar Kondap.

Seperti Qualcomm Snapdragon 765G, Qualcomm Snapdragon 768G juga mengintegrasikan Snapdragon X52 5G Modem. CPU dan GPU-nya juga serupa, yakni menggunakan octa core Kryo 475 dan Adreno 620. Namun, Qualcomm melakukan peningkatan pada CPU dan GPU Snapdragon 768G yang membuat smartphone yang menggunakannya bisa memiliki kinerja lebih baik dari smartphone yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 765G.

Peningkatan CPU Snapdragon 768G yang diangkat Qualcomm adalah pada Kryo 475 Prime (satu core dengan frekuensi kerja alias clock tertinggi). Kryo 475 Prime yang hadir pada Qualcomm Snapdragon 768G bisa mencapai 2,8 GHz dan bukannya 2,4 GHz seperti pada Qualcomm Snapdragon 765G. Sementara, untuk GPU, Adreno 620 pada Qualcomm Snapdragon 768G diklaim mampu memberikan tambahan kinerja sampai 15% dibandingkan Adreno 620 pada Qualcomm Snapdragon 765G. Qualcomm tidak menyebutkan apa yang menyebabkan Adreno 620 pada Qualcomm Snapdragon 768G bisa memberikan tambahan kinerja bersangkutan; apakah peningkatan frekuensi kerja, lainnya, atau kombinasi.

Snapdragon dengan akhiran G pada namanya bisa dibilang identik dengan bermain gim. Qualcomm Snapdragon 768G juga menawarkan beberapa fitur Snapdragon Elite Gaming yang bisa memberikan optimasi dan ekstensi gim khusus, gamplay yang lebih mulus, detail yang lebih ditingkatkan, dan warna dengan HDR 10 bit yang benar. Qualcomm Snapdragon 768G pun mendukung pembaruan driver melalui Google Play Store.

Selain kinerja CPU dan GPU, Snapdragon Elite Gaming, dan 5G yang global berkat dukungan berbagai daerah kunci serta mmWave dan sub-6 GHz, Qualcomm turut mengedapkan AI Engine pada Snapdragon 768G. Qualcomm Snapdragon 768G menggunakan AI Engine Generasi ke-5 yang merupakan versi terkini dan bisa meningkatkan pengalaman menggunakan smartphone pada banyak aspek seperti kamera, audio, dan bermain gim.