Find Us On Social Media :

Widya Wicara Prima, Speaker Pintar ala Google Home Karya Anak Bangsa

By Dayu Akbar, Selasa, 12 Mei 2020 | 11:45 WIB

Saat ini smart speaker sudah menjadi salah satu penunjang gaya hidup dan angka peminatnya pun terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data dari lembaga riset Statista, secara global pengguna aktif asisten virtual yang juga terdapat pada produk smart speaker pada tahun 2015 mencapai 544,1 juta dan di tahun 2020 diprediksi mencapai 2,2 milyar.Menjawab fenomena tersebut, PT Widya Informasi Nusantara memperkenalkan smart speaker orang Indonesia yang merupakan karya anak bangsa melalui online media session yaitu Widya Wicara Prima. Penggunaan nama Widya sendiri berasal dari bahasa sansakerta yang artinya ilmu pengetahuan.Secara umum, Widya Wicara Prima memiliki fungsi mirip dengan Google Home dengan Google Assistant-nya. Seluruh fitur dalam Widya Wicara Prima dapat dilakukan hanya dengan komando suara, tanpa harus menekan tombol apapun. Widya dapat diaktifkan hanya dengan mengucapkan, “Hai Widya,…” atau “Halo Widya,….”. Smart Speaker berbahasa Indonesia ini dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Neutral Language Processing (NLP) untuk memproses pertanyaan dan perintah suara yang diberikan oleh penggunanya. Teknologi tersebut membuat suara yang dihasilkan Widya terdengar sangat natural dan interaktif, selayaknya berbicara dengan teman di kehidupan sehari-hari. Widya Wicara Prima dapat diaktifkan dengan menggunakan koneksi internet dan mengunduh aplikasi Widya Wicara di Playstore.

Handlee Susanto selaku Chief Marketing Officer PT Widya Informasi Nusantara. “Selain dapat menjadi sahabat dekat masyarakat Indonesia dengan memberikan fitur penunjang keseharian, Widya juga berusaha membiasakan penggunanya berinteraksi dengan teknologi berbasis suara. Hal ini dilakukan untuk menciptakan ekosistem kegiatan harian yang bersinergi dengan Widya. Itulah mengapa Widya berkolaborasi dengan beragam aplikasi digital untuk menyajikan konten lokal yang kredibel dan dekat dengan masyarakat Indonesia. Kami merancang Widya untuk menjadi semakin pintar seiring berjalannya waktu.” Dengan teknologi dan fitur-fitur yang ada, smart speaker ini bisa diandalkan dalam berbagai situasi, mulai dari pemutar musik, radio, podcast dengan beragam tema, informasi seputar kesehatan, pantau Corona, membaca Al-Qur’an, fitur Ramadhan, berita, perkiraan cuaca, kalender, membaca buku, pengingat waktu, alarm, kuis interaktif (periode tertentu), kalkulator, membaca horoskop, serta Q&A (Question and Answer). Widya memiliki sumber yang kredibel seperti Svara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pro Sehat, Audio Buku, Muslimnesia, dan sumber-sumber lainnya. Khususnya, selama masa pandemi ini, di mana sebagian besar orang lebih banyak beraktifitas di rumah dengan beragam perangkat teknologi.

Widya Wicara Prima memiliki ukuran dimensi 95 x 95 mm dan tinggi 180 mm sehingga terbilang ringkas dan membuatnya mudah dibawa. Tersedia dalam dua pilihan warna yaitu hitam dan putih, speaker pintar ini dilengkapi dengan enam mikropon yang meningkatkan sensitifitas untuk menerima perintah suara dari segala arah.

Dibekali pula dengan storage dengan kapasitas 8 GB yang bisa digunakan untuk mengisi lagu dengan format MP3. Ini berguna ketika perangkat sedang tidak terkoneksi ke internet, pengguna tetap dapat mendengarkan musik. Saat ini perangkat hanya bisa digunakan dengan mengandalkan listrik dari jala-jala (stop kontak), dan kedepannya diharapkan akan merilis versi dengan menggunakan daya dari baterai.Dengan harga Rp1.499.000, smart speaker ini tersedia baik secara online di Shopee dan nantinya secara offline di gerai yang berada di beberapa kota, seperti JABODETABEK, Medan, Pekanbaru, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Makassar.