Find Us On Social Media :

Amazon Kendra, Mesin Pencari Kelas Enterprise dengan Machine Learning

By Liana Threestayanti, Kamis, 14 Mei 2020 | 08:30 WIB

Amazon Web Services (AWS) mengumumkan ketersediaan layanan enterprise search Amazon Kendra yang didayai teknologi machine learning.

 

Amazon Web Services (AWS) mengumumkan ketersediaan layanan enterprise search Amazon Kendra yang didayai teknologi machine learning.

Pencarian informasi di dalam sebuah organisasi atau perusahaan masih menjadi masalah yang menjengkelkan. Perusahaan dan organisasi sebenarnya tak henti mencari solusi. Mereka berupaya mengimplementasikan sistem pencarian internal yang harus menelusuri sumber-sumber data yang masih terpisah satu sama lain. 

Di sisi lain, perusahaan juga memiliki kumpulan data tak terstruktur, yang tersimpan dalam bermacam-macam format dan keberadaannya tersebar di berbagai sumber data (misalnya di SharePoint, intranet, Amazon Simple Storage Service, dan sistem file storage di lingkungan on-premises).

Ketika pengguna membutuhkan data, mereka  harus mengetikkan kata kunci untuk mencarinya. Padahal kata kunci itu bisa terdapat pada bermacam-macam dokumen dalam konteks yang berbeda-beda. Hasil pencarian semacam ini biasanya berupa daftar panjang berisi aneka tautan yang harus dipilah lagi oleh pengguna. 

AWS menjawab tantangan itu dengan layanan pencarian Amazon Kendra yang memungkinkan  end-user melakukan pencarian di berbagai sumber data terpisah, menggunakan pertanyaan riil (bukan sekadar keyword), dan memanfaatkan model machine learning untuk memahami isi dokumen dan keterkaitan di antaranya sehingga diperoleh jawaban yang lebih presisi (bukan hanya daftar tautan).  

Dengan natural language understanding pada inti mesin pencari Amazon Kendra, karyawan perusahaan dapat mencari data atau informasi dengan bahasa pada umumnya (natural language). Misalnya, pengguna dapat bertanya “jam berapa IT help desk buka?” dan Amazon Kendra akan memberikan jawaban spesifik, misalnya “9:30 pagi,” kemudian Amazon Kendra akan meng-highlight teks di mana jawaban itu ditemukan di dalam dokumen. Kendra juga akan menyertakan link ke portal IT ticketing portal dan situs web terkait lainnya. 

Amazon Kendra juga dioptimalkan untuk memahami bahasa khusus yang dipakai di domain-domain yang berbeda. Misalnya di IT, user dapat bertanya "bagaimana cara setup VPN?"; atau di bidang kesehatan dan ilmu alam, "apa penanda genetik bagi ALS?". Saat ini, Amazon Kendra menguasai bahasa industri spesifik dari bidang TI, kesehatan, dan asuransi, juga sektor energi, layanan keuangan, hukum, media dan hiburan, perjalanan dan hospitality, sumber daya, berita, telekomunikasi, pertambangan, makanan & minuman, dan otomotif. Tambahan bahasa industri spesifik lainnya dijanjikan AWS akan tersedia di kuartal kedua tahun ini. 

“Para pelanggan kami sering mengatakan bahwa pencarian dalam organisasi mereka sulit dilakukan, menurunkan produktivitas, dan sering tidak bisa dilakukan karena datanya tersebar di mana-mana dan dalam berbagai format. Penggunaan kata kunci juga tidak intuitif, hasil yang disajikan seringkali harus dipilah lagi dari tautan-tautan  dan dokumen yang tidak relevan," jelas Swami Sivasubramanian, Vice President, Amazon Machine Learning, Amazon Web Services, Inc. “Oleh karena itu kami gembira karena dapat menghadirkan Amazon Kendra bagi pelanggan kami dan memungkinkan mereka mendayai karyawannya dengan mesin pencari enterprise yang sangat akurat, dan berbasis machine learning sehingga lebih mudah bagi para karyawan itu untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan dari sejumlah besar data yang ada di organisasi mereka," ujar  Swami Sivasubramanian.

Amazon Kendra mengenkripsi data in transit maupun data at rest. Mesin pencari ini dengan mudah terintegrasi dengan jenis-jenis data repository yabg umum dipakai, seperti file systems, aplikasi, intranet, dan relational database sehingga para developer dapat membuat indeks content-content yang dimiliki perusahaan hanya dengan beberapa klik, dan dapat menyajikan hasil pencarian yang akurat tanpa harus menulis kode sama sekali.  AWS juga menyediakan serangkaian connector cloud maupun on-premises ke berbagai sumber data yang populer, seperti SharePoint, OneDrive, Salesforce, ServiceNow, Amazon Simple Storage Service, dan relational database. Pelanggan dapat men-deploy ke berbagai aplikasi perusahaan melalui AWS Management Console hanya dengan menyalin sampel kode yang tersedia pada dokumentasi pendukung Amazon Kendra.  

Saat ini Amazon Kendra baru tersedia di region US East (N. Virginia), US West (Oregon), dan EU West (Irlandia). Namun  AWS menjanjikan ketersediaannya di region-region lain dalam waktu dekat.