Find Us On Social Media :

Belajar Jadi Lebih Seru, TikTok Luncurkan Program #SamaSamaBelajar

By Indah PM, Kamis, 14 Mei 2020 | 18:00 WIB

TikTok

TikTok, platform video singkat yang tengah digandrungi, belum lama ini meluncurkan program #SamaSamaBelajar untuk menyediakan dukungan terhadap sektor pendidikan di Indonesia.

Program yang diluncurkan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional ini akan berlangsung hingga tahun 2021 mendatang. Dalam program tersebut akan ada serangkaian kegiatan untuk memperkaya pengetahuan serta menginspirasi orang lain untuk berbagi konten berbasis edukasi.

Berdasarkan Data Statistik Pendidikan Indonesia tahun 2018/2019, sebanyak 71,48 persen pelajar pada rentang usia 5-24 tahun, atau disebut juga generasi Z, tercatat sebagai pengguna telepon selular dan 53,06 persen tercatat sebagai pengguna internet.

Riset dari berbagai penyedia layanan telekomunikasi juga mencatat peningkatan sampai 15-30 persen terhadap penggunaan internet selama pandemi.

“Di tengah kekhawatiran dunia tentang COVID-19, para profesional di sektor pendidikan terpaksa mencari cara baru untuk terhubung dengan orang-orang yang bergantung pada jasa mereka," kata Donny Eryastha (Head of Public Policy; TikTok Indonesia, Malaysia, dan Filipina).

Donny menuturkan, konten edukasi yang kreatif di platform seperti TikTok dinilai akan dapat membantu.

"Melalui #SamaSamaBelajar, kami akan menyediakan dukungan terhadap pendidik, tenaga ahli profesional, dan nirlaba yang kemampuan dan keahliannya dapat membantu menyebarkan informasi edukasi dan materi yang berguna dalam format pembelajaran jarak jauh yang mudah dicerna,” kata Donny.

Program #SamaSamaBelajar meliputi beberapa kegiatan, di antaranya Kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk mendukung program pemerintah.

"Kami berharap kerjasama ini dapat memberikan manfaat dan menginspirasi para guru dan pelajar selagi belajar di rumah,” kata Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia).

Program #SamaSamaBelajar juga mengundang pengguna TikTok untuk mengunggah konten edukasi dan berbasis informasi mereka, agar pengguna lainnya dapat belajar di manapun dan kapan pun.

Hingga kini, tagar #SamaSamaBelajar telah ditonton lebih dari 300 juta kali, dengan topik mulai dari teknologi, bahasa asing, kesehatan, kebudayaan, matematika, sampai tips menarik.