Find Us On Social Media :

LG Hadirkan Dukungan Perintah Bahasa Indonesia untuk Smart TV-nya

By Cakrawala, Jumat, 15 Mei 2020 | 17:00 WIB

LG hadirkan dukungan perintah suara dalam Bahasa Indonesia untuk Smart TV-nya.

Sebagian smart TV masa kini mendukung perintah menggunakan suara. Namun, sering kali perintah suara yang didukung adalah perintah suara dalam Bahasa Inggris. Nah, LG hari ini menyampaikan bahwa smart TV tertentunya mendukung perintah dalam Bahasa Indonesia. LG bahkan mengklaim smart TV-nya sebagai yang pertama memiliki dukungan perintah suara dalam Bahasa Indonesia. Dengan dukungan Bahasa Indonesia, pengguna smart TV LG tertentu bisa memanfaatkan fasilitas perintah suara yang ditawarkan dengan lebih mudah.

“Hal ini menjadi bagian upaya kami untuk terus menjadi yang terdepan dalam memberi pengalaman lebih baik dalam interaksi pengguna dengan TV sebagai media hiburan keluarga,” ujar Park Myungkil (Product Head HE, LG Electronics Indonesia).

Tak sekadar menawarkan perintah suara dalam Bahasa Indonesia, LG pun menyebutkan telah menyusun secara cermat perihal dukungan perintah suara dalam Bahasa Indonesia tersebut. Hal itu membuat smart TV LG yang mendukung perintah suara dalam Bahasa Indonesia bisa memahami perintah suara dalam Bahasa Indonesia dengan struktur pengucapan yang lebih alami.

Contohnya, untuk mengubah pengaturan gambar dan suara ke mode Sinema, pengguna hanya perlu mengatakan "ubah ke mode Sinema". Begitu pula misalnya untuk mengaktifkan mode tidur pada sejumlah waktu yang akan datang, pengguna hanya perlu menyebutkan "atur waktu tidur".

Seperti ketika menggunakan Bahasa Inggris, perintah suara dalam Bahasa Indonesia juga bisa digunakan untuk melakukan pencarian di internet maupun layanan tertentu. Pengguna contohnya bisa mencari film tertentu di layanan tertentu dengan mengatakan "cari", menyebutkan judul fim yang diinginkan, lalu diakhiri dengan mengatakan layanan streaming video yang diinginkan.

Menariknya lagi, LG mengklaim dukungan perintah suara dalam Bahasa Indonesia ini tidak hanya akan terdapat pada smart TV LG kelas premium, melainkan akan mencakup seluruh smart TV LG. Bahkan, dukungan perintah suara dalam Bahasa Indonesia tersebut tidak hanya akan hadir pada smart TV LG keluaran terbaru, melainkan juga smart TV LG sejak versi tahun 2019.

Pengguna dengan perangkat yang sesuai hanya perlu melakukan pembaruan peranti lunak LG AI ThinQ pada smart TV LG-nya melalui internet. Selanjutnya pengguna cukup mengubah pengaturan untuk memilih Bahasa Indonesia dan perintah suara dalam Bahasa Indonesia pun sudah bisa digunakan.