Find Us On Social Media :

TikTok Ajak Masyarakat Berkreasi Lewat Kampanye #MudikOnline

By Indah PM, Selasa, 19 Mei 2020 | 09:00 WIB

Ilustrasi mudik online TikTok

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 bekerja sama dengan aplikasi destinasi video pendek, TikTok meluncurkan kampanye #MudikOnline.

Kampanye yang dimulai sejak 15 Mei 2020 ini merupakan bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah mengenai larangan mudik di Hari Raya Idul Fitri, guna mengurangi penyebaran virus COVID-19. 

Meski mudik sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia dalam merayakan Idul Fitri, tapi sejak adanya pandemi COVID-19, pemerintah memberikan imbauan bagi masyarakat untuk tidak mudik.

Walhasil program #MudikOnline dengan TikTok pun menjadi salah satu upaya dalam memberikan solusi yang kreatif. Masyarakat tetap bisa terhubung dengan keluarga di kampung halaman dan merayakan hari raya Idul Fitri, meskipun tetap melakukan physical distancing.

“Di tengah pandemi COVID-19, kami melihat jika TikTok tidak hanya memberikan inspirasi tetapi juga menjadi ajang bagi keluarga berkumpul dan berkreasi bersama. Kita bisa melihat banyak pengguna mengajak kakek dan nenek atau orang tua mereka untuk kolaborasi dalam video kreatif,” kata Donny Eryastha (Kepala Kebijakan Publik TikTok Indonesia, Malaysia dan Filipina).

Berdasarkan data “Digital 2020: Indonesia” dari Hootsuite, terdapat 171 juta pengguna mobile internet dan jumlah ini cenderung meningkat selama pandemi COVID-19 berlangsung.

Dengan tren ini, sejumlah kepala daerah pun turut memberikan dukungan atas program #MudikOnline ini.

"Jika ada dua pilihan antara membawa kebaikan dengan silaturahmi, dan mencegah kematian dengan tidak mudik, maka pilihlah yang kedua dan tidak memberikan penularan. Selamat mudik digital, selamat mudik melalui teknologi," ujar Ridwan Kamil, Gubernur Provinsi Jawa Barat, melalui videonya di akun TikTok milik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, @lawancovid19_id.

Untuk mengikuti kampanye #mudikonline, pengguna dapat membuat video singkat berdurasi 15-60 detik. Jangan lupa memanfaatkan fitur duet untuk berkolaborasi dengan keluarga yang tinggal berjauhan dalam membuat video yang menunjukkan bagaimana Anda dan keluarga akan menghabiskan waktu #mudikonline. Tambahkan juga musik #mudikonline untuk menambah suasana khas hari Idul Fitri.