Find Us On Social Media :

Penasaran Kapan Lebaran, Begini Cara Pantau Hilal Secara Online

By Adam Rizal, Jumat, 22 Mei 2020 | 17:00 WIB

Hilal

Observatorium Bosscha akan melaksanakan pengamatan hilal menjelang syawal 1441 H/2020 M pada 22 dan 23 Mei.

Pengamatan ini tertutup untuk umum, karena anjuran pemerintah untuk tidak berkegiatan dengan melibatkan banyak orang di suatu tempat selama masa pandemi COVID-19.

Direktur Bosccha Premana W. Premadi mengatakan pengamatan hilal akan dilaksanakan dari pagi hari hingga bulan terbenam di ufuk barat. Kegiatan pengamatan bulan sabit oleh Observatorium Bosscha ditujukan untuk meneliti ambang visibilitas (kenampakan) bulan sebagai fungsi dari elongasi dan ketebalan sabit bulan, dalam rangka rukyatul hilal bulan Syawal 1441 H.

Rukyatul hilal dilakukan pada sore hari dan deteksi sabit bulan dilakukan setelah Matahari terbenam. Sabit yang tampak setelah Matahari terbenam ini disebut sebagai hilal.

Lalu tanggal berapa jatuhnya Lebaran 2020?

Premana menegaskan yang berwenang menentukan awal Ramadhan dan Syawal adalah pemerintah RI melalui proses sidang isbath.

Observatorium Bosscha hanya menyampaikan masukan dengan hasil perhitungan, pengamatan dan penelitian tentang hilal kepada unit pemerintah yang berwenang.

"Pengamatan dilakukan dengan menggunakan 2 buah teleskop berukuran 106 mm dan 66 mm berjenis refraktor yang masing-masing dilengkapi detektor kamera berbasis CCD. Citra yang ditangkap oleh kamera kemudian diproses menggunakan perangkat pengolahan citra untuk meningkatkan tampilan sabit bulan," kata Premana.

Masyarakat yang berminat dapat menyaksikan pengamatan hilal ini secara daring melalui live streaming pada kanal YouTube resmi Observatorium Bosscha di tanggal yang sama mulai pukul 15.30 WIB. Pengamatan akan dilaksankan di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Observatorium Bosscha setiap tahunnya menjadi salah satu rujukan untuk penetapan awal Ramadhan dan Syawal bagi Kementerian Agama Republik Indonesia dan masyarakat umum," katanya.

Masyarakat dapat mengakses data dan hasil pengamatan hilal di website Observatorium Bosscha https://bosscha.itb.ac.id