Find Us On Social Media :

SD Association Umumkan SD 8.0 Specification dengan PCI Express 4.0

By Cakrawala, Selasa, 26 Mei 2020 | 19:30 WIB

SD Association umumkan kehadiran SD 8.0 Specification yang menggunakan PCI-Express 4.0 dan NVMe 1.4.

SDA (SD Association) minggu lalu mengumumkan perihal kehadiran SD 8.0 Specification di dunia. Salah satu yang baru adalah penggunaan spesifikasi PCI Express 4.0. PCI Express 4.0 sendiri menawarkan bandwidth teoritis maksimal dua kalinya PCI Express 3.0 yang digunakan pada SD 7.0 Specification. SD Association pun mengklaim SD 8.0 Specification memungkinkan kartu SD Express untuk memiliki kecepatan transfer data sampai hampir 4 GB/s. Kecepatan yang lebih tinggi ini tentu membantu kartu SD Express untuk memenuhi kebutuhan berbagai perangkat; perangkat yang butuh menyimpan data dalam kecepatan tinggi seperti yang merekam video 8K.

"Penggunaan arsitektur PCIe dan NVMe yang lebih cepat lagi dalam menghantarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat lagi menciptakan lebih banyak peluang untuk berbagai perangkat menggunakan kartu memori SD," ujar Mats Larsson (Senior Market Analyst, Futuresource). "Kombinasi dari teknologi yang terpercaya dan telah sangat dikenal ini membuat aneka desain produk masa depan lebih mudah menggunakan berbagai manfaat dari media simpan yang removable dengan cara-cara baru," tambah Mats Larsson.

Seperti spesifikasi sebelumnya, kartu SD Express pada SD 8.0 Specification juga memanfaatkan NVMe sebagai antarmuka logical-nya. Pada SD 8.0 Specification, versi NVMe yang digunakan adalah sampai 1.4. Sebelumnya, pada SD 7.0 Specification yang digunakan adalah NVMe 1.3. Kartu SD Express dengan SD 8.0 Specification tentunya juga tetap kompatibel dengan standar sebelumnya.

Selain menggunakan PCI Express 4.0, SD 8.0 Specification juga menghadirkan opsi untuk menggunakan dua lajur PCI Express. Kecepatan transfer data kartu SD Express dengan SD 8.0 Specification yang hampir 4 GB/s pun bisa dicapai karena menggunakan PCI Express 4.0 x2. Sekadar informasi, PCI Express 3.0 memiliki bandwidth teoritis maksimal sekitar 985 MB/s untuk setiap lajurnya. PCI-Express 4.0 menggandakan hal tersebut. Berhubung menggunakan dua lajur, PCI Express 4.0 x2 memiliki bandwidth teoritis maksimal yang mendekati 4 GB/s. Bila menggunakan hanya satu lajur, kartu SD Express dengan SD 8.0 Specification "hanya" memiliki kecepatan transfer data mendekati 2 GB/s.

"Dengan secara dramatis meningkatkan kecepatan untuk SD Express kami memberikan para produsen perangkat dan para pengembang sistem lebih banyak pilihan media simpan," sebut Hiroyuki Sakamoto (President, SDA). "SD 8.0 kemungkinan membuka lebih banyak lagi peluang untuk berbagai solusi berkinerja ekstra tinggi menggunakan kartu-kartu memori yang removable," pungkas Hiroyuki Sakamoto.