Find Us On Social Media :

Zyxel Umumkan Portofolio Perangkat Fixed Wireless Access 5G NR-nya

By Cakrawala, Rabu, 27 Mei 2020 | 16:15 WIB

Zyxel umumkan portofolio perangkat fixed wireless access 5G NR-nya yang memungkinkan internet pita lebar.

Zyxel baru saja mengumumkan portofolio perangkat FWA (fixed wireless access) 5G NR-nya. Perangkat FWA sendiri ditujukan untuk menghubungkan dua titik yang tidak bergerak secara nirkabel. Dengan perangkat-perangkat pada portofolio itu, suatu operator telekomunikasi seluler bisa menawarkan koneksi internet pita lebar (broadband) secara nirkabel ke konsumen yang berada di lokasi yang tidak bergerak, seperti di rumah, memanfaatkan 5G NR. Tawaran seperti itu misalnya cocok untuk area yang belum dilewati oleh kabel yang menghantarkan internet pita lebar. Apalagi 5G NR memiliki berbagai kelebihan dibandingkan LTE yang masih banyak digunakan saat ini.

"5G NR menawarkan peluang kepada para penyedia layanan untuk menciptakan suatu saluran yang lebih besar, streaming data yang lebih cepat, dan latensi yang ultrarendah, hal-hal yang para pelanggan butuh dan inginkan, khususnya pada suatu masa ketika lebih banyak orang melakukan koneksi dari rumah dibandingkan sebelumnya," sebut CP Liao (Associate Vice President, Mobile Broadband BU, Zyxel Communications). "Peluncuran dari portofolio 5G Fixed Wireless Access Zyxel mendemonstrasikan komitmen kami untuk membantu para penyedia layanan menghasilkan peluang-peluang bisnis baru dan pengalaman pelanggan terbaik yang dimungkinkan," imbuh CP Liao.

Dibandingkan LTE, 5G NR antara lain memungkinkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah, seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini. Tak heran apabila 5G NR sering digadang-gadang bisa menggantinkan kabel pada kondisi tertentu.

Terdapat setidaknya tiga produk Zyxel yang membentuk portofolio perangkat FWA 5G NR-nya. Ketiganya adalah NR7101, NR5101, dan NR2101. Zyxel NR7101 adalah perangkat luar ruangan (outdoor), Zyxel NR5101 adalah perangkat dalam ruangan (indoor), sedangkan Zyxel NR2101 adalah perangkat portabel.

Berhubung untuk luar ruangan, Zyxel NR7101 diklaim merupakan perangkat dengan IP67. Dengan kata lain Zyxel NR7101 tahan debu dan tahan air. Yang terakhir ini sampai terendam di dalam air dengan kedalaman satu meter selama 30 menit. Memiliki enam antena secara built-in, Zyxel pun mengklaim NR7101 memiliki kecepatan unduh sampai 2,34 Gbps dan kecepatan unggah sampai 1,2 Gbps ketiga menggunakan 5G NR.

Zyxel NR5101 bukan merupakan perangkat yang tahan debu dan tahan air seperti Zyxel NR7101. Suatu hal yang wajar mengingat penggunaannya yang di dalam ruangan. Namun, Zyxel NR5101 memiliki enam antena secara built-in serta menawarkan kecepatan unduh dan unggah yang sama, yakni sampai 2,34 Gbps dan sampai 1,2 Gbps ketiga menggunakan 5G NR. Selain itu, Zyxel NR5101 juga telah dilengkapi dengan Wi-Fi 6.

Sementara, Zyxel NR2101 juga menawarkan enam antena secara built-in. Namun, gain dari antena yang digunakan tidak serupa; Zyxel NR7101 yang paling tinggi. Adapun kecepatan unduh dan unggahnya sama dengan Zyxel NR7101 dan Zyxel NR5101. Selain Wi-Fi 6, Zyxel NR2101 pun dilengkapi dengan layar sentuh 2,4 inci dan baterai 5.300 mAh. Baterai tersebut diklaim Zyxel bisa menenagai NR2101 sampai sepuluh jam.

Ketiga perangkat yang diumukan oleh Zyxel tersebut akan tersedia lebih dulu di Eropa dan sekitarnya mulai kuartal kedua ini. Di Indonesia sendiri implementasi 5G tentunya masih menunggu.