Find Us On Social Media :

Opensignal: Pengalaman Streaming Video di Indonesia Kini Lebih Baik

By Cakrawala, Selasa, 2 Juni 2020 | 10:00 WIB

Menurut Opensignal, pengalaman streaming video menggunakan telepon seluluer di Indonesia kini lebih baik.

Opensignal kemarin telah merilis temuannya mengenai pengalaman streaming video pada telepon seluler di Indonesia. Hal tersebut bisa memberikan gambaran akan kinerja jaringan seluler di tanah air dalam menghantarkan streaming video kepada para penggunanya. Temuan yang diperoleh Opensignal ini berlandaskan analisisnya terhadap pengalaman streaming video pada telepon seluler di 44 kota terbesar di Indonesia secara komposit; gabungan dari semua operator telekomunikasi seluler nasional dengan berbagai teknologi jaringan seluler berbeda. Data yang digunakan adalah dari 1 Januari sampai 31 Maret 2020.

Opensignal pun mengklaim temuannya itu benar-benar menggambarkan pengalaman para pengguna yang melakukan streaming video pada telepon seluler di Indonesia. Pasalnya, Opensignal menganalis pengalaman streaming video tersebut pada berbagai content delivery network menggunakan aneka pengujian streaming video tersendiri/khusus.

Secara keseluruhan, Opensignal menemukan bahwa pengalaman streaming video menggunakan telepon seluler di Indonesia telah meningkat dibandingkan sebelumnya. Kini, Opensignal menilai pengalaman streaming video pada telepon seluler di Indonesia adalah baik. Sebelumnya, Opensignal menilai pengalaman streaming video pada telepon seluler di Indonesia tersebut dengan cukup alias fair. Dengan kata lain, menurut Opensignal, pengalaman streaming video menggunakan telepon seluler di Indonesia kini lebih baik.

Menariknya, kota-kota di Pulau Jawa tidak ada yang masuk 10 besar apabila ke-44 kota di Indonesia itu di-ranking berdasarkan pengalaman streaming video pada telepon seluler. Kota di Pulau Jawa dengan nilai pengalaman streaming video pada telepon seluler tertinggi adalah Bekasi yang berada di posisi ke-19. Jakarta sendiri berada di posisi ke-28.

Namun, hanya Kota Serang yang berada di posisi ke-44 yang memiliki nilai pengalaman streaming video pada telepon seluler yang dikategorikan cukup. Ke-43 kota lainnya memiliki nilai pengalaman streaming video pada telepon seluler yang dikategorikan baik. Adapun kota dengan nilai pengalaman streaming video pada telepon seluler tertinggi di antara ke-44 kota terbesar bersangkutan adalah Kota Sorong di Papua Barat. Lenkapnya bisa Anda lihat pada Tabel 1.

Menurut Opensignal, fenomena tersebut disebabkan dua hal. Pertama adalah makin dominannya pangsa pasar Telkomsel di area yang makin jauh dari area yang banyak penduduknya, dan kedua adalah sering kali laju permintaan di kota-kota besar melebihi laju peningkatan jaringan dan kapasitas seluler yang dilakukan oleh para operator telekomunikasi seluler di sana. Opensignal memang menilai Telkomsel merupakan operator telekomunikasi seluler yang memberikan pengalaman streaming video pada telepon seluler terbaik di Indonesia.

Tabel 1. Ranking Kota-kota Terbesar di Indonesia dalam Hal Pengalaman Streaming Video Menggunakan Telepon Seluler.