Find Us On Social Media :

Perhatikan! Ini Peraturan 'New Normal' Saat Naik Grab dan Gojek

By Adam Rizal, Kamis, 28 Mei 2020 | 16:30 WIB

Gojek dan Grab

Pengemudi ojek online (ojol) seperti Grab dan Gojek siap untuk memasuki era new normal di tengah wabah COVID-19. Salah satunya mengajurkan pengguna membawa helm sendiri.

Ketua Presidium Nasional Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Igun Wicaksono mengatakan pada Maret lalu pihaknya telah menerbitkan protokol kesehatan bagi para pengemudi dan imbauan agar penumpang membawa helm sendiri.

"Untuk memasuki fase baru pandemi COVID-19 Garda juga tengah menyiapkan dan siap menerapkan basic hygiene bagi para pengemudi ojol maupun pengguna jasa ojol sebagai penguatan protokol kesehatan sebagai preventif," ujar Igun Wicaksono dalam keterangan pers, Kamis (28/5).

Basic hygiene merupakan langkah preventif Garda dalam menyambut fase baru COVID-19 the new normal, di mana apabila ojol sudah diperbolehkan membawa penumpang, diharapkan penumpang mendapatkan layanan ojol yang higienis optimal.

Sebelumnya Garda memang sudah menerbitkan protokol kesehatan sehubungan wabah COVID-19. Berikut protokol kesehatan pengemudi Grab dan Gojek mengantisipasi penyebaran virus corona baru:

1. Gunakan masker kesehatan atau masker seri N-95.2. Upayakan menggunakan helm SNI berpenutup wajah.3. Gunakan sarung tangan bersih higienis.4. Gunakan atribut lengkap tertutup.5. Tutupi bagian leher dengan buff atau syal.6. Gunakan sepatu tertutup dan kaos kaki.7. Upayakan membawa hand sanitizer dan sabun cair mengandung antiseptik.8. Lindungi keluarga di rumah dengan menyiapkan desinfektan untuk mencuci atribut dan perlengkapan lain.9. Atribut ojol jangan langsung masuk ke dalam rumah, cuci dengan desinfektan.10. Upayakan rajin minum vitamin tambahan untuk menambah imunitas.11. Jaga kebersihan makanan dan minuman yang sehat.12. Rajin cuci tangan dengan sabun cair mengandung antiseptik.13. Hindari kontak dengan terduga COVID-19.14. Siapkan plastik atau kantong khusus untuk simpan uang kertas dan logam.15. Cek kesehatan jika mengalami gejala flu dan batuk.