Find Us On Social Media :

LG Gabung Hedera Governing Council untuk Percepat Adopsi DLT

By Cakrawala, Kamis, 28 Mei 2020 | 18:00 WIB

LG Electronics bergabung dengan Hedera Governing Council untuk mempercepat inovasi dan adopsi DLT publik secara global.

LG Electronics hari ini mengumumkan bahwa ia telah bergabung dengan Hedera Governing Council dan menjadi anggota ke-14. Hedera Hashgraph merupakan suatu platform DLT (distributed ledger technology) kelas enterprise. Hedera Governing Council sendiri didesain untuk membolehkan model tata pemerintahan (governance) paling terdesentralisasi untuk suatu buku besar (ledger) publik. Dengan bergabungnya LG ke Hedera Governing Council, LG akan bekerja sama dengan anggota Hedera Governing Council lain untuk mengenali cara-cara bagaimana DLT bisa bermanfaat untuk para mitra dan konsumen.

”Kami sangat senang menyambut LG sebagai salah satu pemimpin dalam industrinya sebagai Hedera Governing Council. Selama bertahun-tahun, LG telah menunjukkan diri sebagai visioner dalam pendekatan untuk mengadopsi teknologi baru atas nama peningkatan kehidupan pengguna dan mitranya di seluruh dunia. Kami menantikan kolaborasi dengan LG dan ekosistem perusahaan untuk mengeksplorasi banyak cara potensial agar distributed ledger technology dapat diterapkan untuk memberi manfaat bagi konsumen,” ujar Mance Harmon (CEO dan co-founder, Hedera Hashgraph).“Distributed ledger technology memiliki potensi untuk meningkatkan nilai bagi pengguna produk dan membuat hampir semua perusahaan di berbagai sektor dapat menawarkan layanan baru atas ketersediaan keamanan, kecepatan, dan tingkat kepercayaan yang baik,” sebut Cho-Taeg-il (Senior Vice President, LG Electronics). “Dengan menjadi bagian dari Hedera Governing Council, kami berharap dapat berkolaborasi dengan berbagai organisasi terkemuka lainnya dari berbagai industri untuk mengembangkan aplikasi distributed ledger technology yang memberi manfaat bagi bisnis dan konsumen,” tambah Cho-Taeg-il.

DLT sepeti namanya adalah buku besar yang terdistribusi alias tidak menggunakan sebuah buku besar yang terpusat. DLT menggunakan beberapa node (komputer) independen untuk mencatat, berbagi, dan mensinkronisasikan transaksi. Dengan kata lain, setiap node menyimpan sebuah buku besar dengan kandungan yang bisa dibilang sama; kandungan buku besar yang satu dengan yang lain bisa dibilang adalah sama. Tentunya ada metode tertentu untuk memastikan kandungan para buku besar tersebut agar serupa.

Jika Anda merasa DLT sama dengan blockchain, Anda tidak sepenuhnya benar. Blockchain adalah salah satu DLT. DLT tidak hanya blockchain. Ibarat Coca-Cola adalah minuman berkarbonasi; tetapi minuman berkarbonasi tidak hanya Coca Cola, melainkan ada Pepsi, Green Sands, TEBS, dan banyak lagi.

LG sejauh ini adalah satu-satunya manufaktur home appliance yang bergabung dengan Hedera Governing Council. Pengetahunannya akan industri home appliance tentu menjadi salah satu kelebihan yang dibawa LG ke Hedera Governing Council untuk mempercepat inovasi dan adopsi dari DLT secara global.

Setiap anggota dari Hedera Governing Council akan menjalankan sebuah node pada jaringan publik Hedera Hashgraph. Setiap anggota juga bertanggung jawab dalam menyetujui peta jalan Hedera Hashgraph dan memperbarui codebase-nya.

Selain LG, anggota Hedera Governing Council lain adalah Boeing, Deutsche Telekom, DLA Piper, FIS (WorldPay), Google, IBM, Magalu, Nomura, Swirlds, Swisscom Blockchain, Tata Communications, University College London, dan Wipro.