Find Us On Social Media :

Bukan Galaxy A51, iPhone 11 Jadi Smartphone Terlaris di Dunia

By Adam Rizal, Jumat, 29 Mei 2020 | 11:30 WIB

iPhone 11 Pro Max

Apple kembali mempertahankan gelar smartphone terlaris di dunia dengan iPhone 11 sekaligus mengalahkan Samsung Galaxy A51.

Hal itu adalah hasil penelitian Omdia dalam laporan bertajuk "Smartphone Model Market Tracker Q120.

Omdia menghitung selama kuartal I-2020, Apple telah mengirimkan iPhone 11 sebanyak 19,5 juta unit. Angka ini melebihi total pengiriman iPhone XR di kuartal I-2019 yang hampir mencapai 6 juta unit.

Posisi kedua dalam perlombaan ini adalah Samsung Galaxy A51 dengan 6,8 juta pengiriman dan posisi berikutnya Redmi Note 8 dengan 6,6 juta pengiriman. Lalu Redmi Note 8 Pro dengan 6,1 juta pengiriman.

"Selama lebih dari lima tahun - bahkan di tengah perubahan kondisi di pasar nirkabel dan ekonomi global - satu hal tetap konsisten dalam bisnis smartphone: Apple tetap berada di peringkat pertama dan kedua dalam ranking pengiriman global Omdia," ujar Direktur Riset Smartphone Omdia Jusy Hong.

"Keberhasilan Apple ini adalah buah dari strategi menawarkan pengguna dengan sendikit model smartphone. Ini memungkinkan perusahaan memfokusknya usahanya menjual sejumlah kecil produk menarik ke banyak konsumen sehingga volume menjuala menjadi sangat tinggi," ujarnya.

Omdia menilai kebijakan harga iPhone 11 juga jadi salah satu daya tarik bagi masyarakat. Saat diluncurkan harga iPhone 11 lebih murah US$50 dari pendahulunya iPhone XR.

Meski lebih murah fitur kameranya mengalami peningkatan besar dibanding pendahulunya. Omdia memberikan catatan khusus kepada Xiaomi di mana pada kuartal I-2020 dua ponselnya menduduki posisi ketiga dan keempat dalam pengiriman smartphone global.