Find Us On Social Media :

Patut Bangga, Lokapala jadi Game MOBA Pertama Karya Anak Bangsa

By Dayu Akbar, Jumat, 29 Mei 2020 | 07:00 WIB

Acara grand launching Lokapala ditayangkan secara langsung secara streaming melalui kanal YouTube Lokapala MOBA

Seperti diketahui bahwa saat ini game dengan genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) sangat digemari di Indonesia. Mulai dari AOV (Arena of Valor), VainGlory dan yang paling banyak digemari yaitu Mobile Legends. Mobile Legends sendiri terbukti mendapatkan 100 juta unduhan di Play Store dengan rating 4.1.Melihat fenomena ini, Anantarupa Studio sebagai pengembang game lokal, tergerak untuk membuat sendiri game bergenre MOBA yang didalamnya akan menampilkan berbagai karakter dengan nuansa lokal.

Untuk itulah, Anantarupa akhirnya meluncurkan game Lokapala yang menjadi game MOBA pertama karya anak bangsa. Bahkan Anantarupa Studio menjadi satu-satunya developer game yang berhasil membuat game MOBA dan eSports dari Asia Tenggara.Setelah melewati fase beta, Lokapala resmi diluncurkan pada tanggal 20 Mei 2020. Adapun grand launching Lokapala ditayangkan secara langsung melalui kanal YouTube Lokapala MOBA dan menghadirkan Ivan Chen selaku CEO Anantarupa Studio, Diana Paskarina (COO Anantarupa Studio), Dedi Suherman (CEO PT. Melon Indonesia) dan Faizal Rochmad Djoemadi (Direktul Digital Business Telkomgroup) serta dibuka oleh sambutan dari Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Perdagangan RI, serta Hilman Farid, Dirjen Kebudayaan RI.

Lokapala mengangkat tema dengan unsur sejarah dan kebudayaan asal Indonesia, mulai dari pemilihan karakter dan nama-namanya yang semua diambil dari tema pewayangan, mitologi dan mythical creature dari budaya bangsa.Pihak Anantarupa Studio menjelaskan jika penggunaan tema tersebut untuk mengenalkan kembali budaya nusantara kepada generasi sekarang yang hampir terlupakan. Lokapala sendiri memiliki arti penjaga alam semesta yang diambil dari bahasa Sansekerta.Untuk saat ini Lokapala baru tersedia untuk platform Android dan sudah tersedia di Play Store serta telah diunduh lebih dari 100 ribu kali.