Selama masa Hari Raya Idul Fitri 1441 H lalu, operator telekomunikasi Indosat Ooredoo mencatat adanya peningkatan trafik data dari para pelanggannya.
Turina Farouk selaku SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, mengatakan bahwa angka peningkatan sebesar 27% jika dibandingkan dengan rata-rata penggunaan trafik normal sebelum pandemi Covid-19.
“Tahun ini, peningkatan trafik data juga terlihat di seluruh regional termasuk Jabodetabek dikarenakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSSB),” ucap Turina.
Ia juga menjelaskan kategori aplikasi yang terlihat mengalami kenaikan tinggi, yang di antaranya aplikasi messaging, social media, video streaming dan aplikasi gaming.
Meski demikain, ia tidak merinci apa saja nama aplikasi dari masing-masing kategori tersebut yang paling banyak digunakan pelanggan Indosat selama Idul Fitri lalu.
Baca Juga: Platform Multi-Cloud Mudahkan Perusahaan dalam Hal Manajemen Data
Sebelumnya, Indosat sendiri telah melakukan sejumlah upaya demi mengantisipasi lonjakan trafik di momen Lebaran 2020.
Salah satunya yaitu mengaktifkan command center Lebaran sejak H-2 sampai H+1 Lebaran yang akan memantau kualitas jaringan Indosat Ooredoo di seluruh Indonesia.
“Kami juga mengoptimalkan Indosat Ooredoo Network Operational Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operational Center (ISOC) serta menyiagakan layanan pelanggan di aplikasi myIM3, layanan Chatting, Social Media maupun Call Center 185,” terang Turina.
Selain itu, bagi pelanggan korporat, Indosat Ooredoo Business juga menjamin Corporate Helpdesk tetap beroperasi penuh 24x7.
“Kami berkomitmen mendukung kontinuitas bisnis pelanggan selama periode Lebaran maupun disituasi Covid-19 ini,” pungkas Turina.
Baca Juga: VMware dan Mitranya Dukung Pelanggan Hadapi Disrupsi Akibat COVID-19