Find Us On Social Media :

Logitech Bagikan Tips Agar WFH Bikin Produktivitas Tidak Mandek

By Dayu Akbar, Minggu, 31 Mei 2020 | 19:49 WIB

kredit foto: Reddit

Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) sudah banyak diterapkan sejak diberlakukannya PSBB. Namun situasi dan sarana di kantor dan rumah yang berbeda, tentu akan menciptakan kenyamanan yang berbeda pula. "Mungkin kita berpikir bahwa cara kerja yang baru ini tidak akan permanen, tetapi ketahuilah cara ini kemungkinan besar akan berdampak pada pola kerja di masa depan," ujar Hermanto Sung, Cluster Category Manager of Creative & Productivity Logitech Indonesia.Untuk itu ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar tidak terdapat kendala atau gangguan yang membuat produktivitas jadi terganggu. Ada dua hal penting yang mesti diperhatian, pertama kenyamanan dan kedua adalah sarana atau peralatan pendukung.Kenyamanan saat WFH menentukan tingkat produktivitas. Tentu konsentrasi akan buyar jika tubuh Anda mengalami keluhan. Untuk itu, salah satu hal yang mesti perhatikan adalah posisi ruang kerja.  Dengan posisi yang tepat, selain membuat nyaman, tubuh juga tidak akan cepat lelah karena posisi yang tidak ideal. Pastikan meja dan kursi berada pada ketinggian yang tepat. Gunakan kursi yang menjaga postur yang baik dimana punggung harus lurus, dengan kaki kuat di lantai. Selain itu, hindari sofa atau kursi rendah.Agar sehat dan badan tetap bugar, usahakan sinar matahari tetap masuk ke ruang kerja. Tidak hanya itu, cahaya alami memiliki efek besar pada tingkat suasana hati dan energi, dan membantu tetap produktif. Jika tidak memungkinkan, perlu mempertimbangkan lampu berwarna sinar matahari untuk meniru efeknya.Bekerja dari rumah tentu Anda akan menjumpai penghuni lain yang dengan beragam aktivitas. Usahakan agar aktivitas tersebut tidak mengganggu konsentrasi Anda, begitu pula sebaliknya. Jika harus bekerja di sekitar orang lain, cobalah untuk tidak menjadi pengalih perhatian dengan mempertimbangkan mouse atau keyboard dengan teknologi silent. Ini berguna agar tidak mengganggu orang lain, misalnya agar anak Anda bisa tidur siang dengan nyaman.

Sarana PendukungSelain komputer atau laptop, internet adalah hal penting berikutnya yang wajib diperhatikan. Pastikan ruang kerja yang akan digunakan terjangkau koneksi internet atau sinyal Wi-Fi. Ruang yang tidak terjangkau sinyal dengan baik tentu bisa bikin aktivitas jadi terganggu. Apalagi ketika sedang melakukan panggilan video yang terputus-putus karena koneksi yang buruk.

Persyaratan kecepatan minimum untuk panggilan video yang efektif adalah unduhan 8 Mbps dan 1,5 Mbps untuk unggahan. Jika Anda mengalami masalah konektivitas, solusi yang bisa digunakan adalah mengubah smartphone menjadi hotspot WiFi sebagai cadangan sementara.Ketika hendak melakukan meeting online, webcam memadai jadi penentu agar Anda bisa terlihat tampil baik saat bertemu klien. Namun kamera built-in pada laptop biasanya tidak memadai. Jika hal ini mengganggu, pertimbangkan berinvestasi di webcam eksternal yang cocok yang dapat memberikan gambar yang layak dan membuat Anda terlihat baik.Posisi webcam juga harus tepat dengan memastikan kamera berada pada posisi setinggi mata. Jika Anda menelepon dari ruang yang lebih gelap, pertimbangkan untuk menempatkan lampu meja di belakang layar untuk mengurangi masalah pencahayaan dan masalah kontras.

Meeting online juga terkadang membutuhkan komunikasi dua arah yang artinya dibutuhkan pula headset yang dilengkapi dengan microphone. Apalagi jika headset tersebut dilengkapi fitur peredam bising yang bisa meminimalisir gangguan eksternal saat konferensi sedang berlangsung.Jika Anda memiliki anggaran, perlu juga mempertimbangkan untuk berinvestasi di layar kedua, karena ini akan menghilangkan ketegangan mata dan menggandakan apa yang dapat Anda lihat. Jangan lupakan pula peripheral komputasi seperti mouse dan keyboard yang layak. Hal ini dapat memberikan kenyamanan dalam beraktivitas. Ini tentu lebih nyaman dibanding menggunakan trackpad dan keyboard laptop bawaan. Apalagi jika Anda menghabiskan banyak waktu menggulirkan kolom maupun tabel pada Microsoft Excels, pilih mouse yang memiliki roda gulir tambahan dan tombol yang dapat diprogram untuk membantu Anda menjelajahi halaman data.