Find Us On Social Media :

Di Segmen Gaming, Ini Brand yang Duluan Menggunakan Ryzen 4000 series

By Dayu Akbar, Senin, 1 Juni 2020 | 08:30 WIB

Bersamaan dengan diluncurkannya jajaran Ryzen Mobile 4000 series, AMD juga memperkenalkan solusi teknologi bernama A+A+A. AMD memiliki sebuah kelebihan di mana semua solusi datang dari satu perusahaan, yaitu prosesor, kartu grafis, dan software drive. Dengan menggunakan prosesor AMD Ryzen ditambah kartu grafis AMD Radeon dan perangkat lunak AMD Radeon Adrenaline akan membuat kinerja menjadi semakin baik.Frank Azor, Chief Gaming Architect AMD, menjelaskan bahwa AMD memberikan ragam pilihan kartu grafis Radeon RX 5000M Series yang akan turut melengkapi kehadiran prosesor AMD Ryzen Mobile 4000 Series ini, yaitu Radeon RX 5300M, Radeon RX 5500M, Radeon RX 5600M, dan Radeon RX 5700M. Dengan masing-masing keunggulan yang dimiliki, deretan kartu grafis ini menenagai lini gaming rig dari brand ternama seperti Dell dengan produk Dell G5 15 SE dan juga PC gaming besutan Lenovo, yakni IdeaCentre Gaming 5. Lebih lanjut lagi, untuk peningkatan performa gaming dan update, turut dihadirkan juga Radeon Adrenalin Software 2020 yang kini dapat diakses melalui mobile device lainnya.Ada pula AMD SmartShift Technology, sebuah teknologi yang memungkinkan sistem untuk mengatur sistem kerja antara Prosesor (CPU) dan kartu grafis (GPU) yang dapat memberikan peningkatkan performa sebesar 14% pada perangkat yang digunakan. Disamping itu teknologi ini memungkinkan para pengguna untuk mendapatkan sistem kerja antara CPU dan GPU untuk kebutuhan tertentu dan pemrosesannya dapat disesuaikan, baik CPU maupun GPU yang sistemnya juga telah terintegrasi.

Misalnya saja sebuah software atau game membutuhkan pemrosesan pada GPU, maka sistem akan langsung memberikan beban kerja dan TDP tersebut pada GPU dan sebaliknya juga pada CPU. SmartShift Technology juga akan melakukan Dynamic Overclocking yang aman untuk meningkatkan performanya. Salah satu brand yang pertama mengaplikasikan teknologi AMD SmartShift adalah Dell.Frank Azor juga mengatakan, “Selain Dell G5 15 SE, masih ada beberapa model lainnya yang bakal hadir seperti, ASUS G14 dan G15 yang sudah ada di pasaran, seri Bravo dari MSI yang menggunakan Ryzen dan grafis Radeon, dan terakhir Lenovo Legion 5.”

Bertekad untuk menjangkau lebih banyak pengguna, AMD tak berhenti pada lini gaming dengan kartu grafis Radeon. Melalui kerjasama dengan sejumlah partner OEM, AMD turut menghadirkan berbagai model laptop gaming terbaru seperti ASUS ROG Series, ASUS TUF Series, ACER Nitro, HP Pavilion Gaming, HP Omen, serta Lenovo Legion yang telah mengadopsi teknologi prosesor AMD Ryzen dengan menawarkan kartu grafis pabrikan NVidia sehingga dapat memberikan beragam pilihan kepada para penggunanya.