Find Us On Social Media :

Zoho Luncurkan Bigin, Solusi CRM untuk Usaha Kecil dan Mikro

By Cakrawala, Rabu, 3 Juni 2020 | 19:30 WIB

Zoho meluncurkan Bigin yang merupakan solusi customer relationship management yang ditujukan untuk usaha kecil dan mikro di Indonesia.

Zoho kemarin meluncurkan Bigin yang merupakan solusi CRM (customer relationship management) yang ditujukan untuk usaha kecil dan mikro di Indonesia. Zoho menyebutkan Bigin diciptakan untuk membantu usaha kecil dan mikro dalam mengadopsi perkakas digital dalam mendukung konsumenya. Pasalnya, Zoho mengklaim Bigin menawarkan biaya yang sangat terjangkau dan tidak membutuhkan keahlian digital tinggi dalam penggunaanya. Biaya dan keahlian digital adalah dua hal yang dipercaya Zoho sering kali menjadi hambatan usaha kecil dan mikro dalam mengadopsi perkakas digital seperi halnya solusi CRM. Tak terbatas pada usaha kecil dan mikro, Zoho Bigin juga bisa digunakan usaha menengah.

“UMKM adalah inti dari komunitas kita dan saat para pemilik usaha sekarang sedang berjuang, tujuan kami memberikan teknologi customer relationship management kelas dunia kepada semua skala bisnis dengan biaya yang sangat terjangkau,” ujar Gibu Mathew (Vice President dan GM, Asia Pacific, Zoho). “Kami menciptakan Bigin untuk membantu UMKM menyelesaikan tugas dengan proses pembelajaran seminimal mungkin. Dengan menggunakan produk tersebut, UMKM dapat berhenti bergantung pada rekaman panggilan ponsel dan spreadsheets untuk mengatur aktivitas konsumen dan beralih pada CRM yang mudah digunakan sehingga mereka bisa fokus untuk meningkatkan dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan konsumen," tambah Gibu Mathew.

Berhubung ditujukan untuk usaha kecil dan mikro, Zoho Bigin bukanlah solusi CRM end to end. Zoho menyebutkan bahwa Bigin, sesuai namanya, adalah solusi CRM yang pipeline-centric untuk usaha kecil dan mikro memulai (memulai dalam bahasa Inggris adalah begin) langkah pertama mereka dalam perjalanan digital menuju customer excellence. Andai usaha kecil dan mikro tersebut nantinya bertumbuh melebihi Bigin, mereka bisa melakukan upgrade ke Zoho CRM dengan mudah.

Adapun beberapa kelebihan dari Zoho Bigin yang dikedepankan adalah waktu setup singkat, mendukung lebih dari satu pipeline, automasi alur kerja, notifikasi dan analytics yang real-time, dan sepenuhnya mobile. Waktu setup singkat karena Zoho Bigin mudah di-setup sehingga pengguna hanya membutuhkan 30 menit. Mendukung lebih dari satu pipeline sebab Zoho Bigin memang membolehkan pengguna untuk membuat lebih dari satu pipeline dan setiap pipeline bisa memiliki tahapan alias stage yang tidak sama. Automasi alur kerja karena Zoho Bigin memang memudahkan pengguna untuk membuat berbagai alur kerja yang terautomasi. Notifikasi dan analytics yang real-time merujuk pada notifikasi yang dikirim seara real-time dan analytics yang dilengkapi dashboard yang menampilkan data secara real-time pada Zoho Bigin. Sementara, sepenuhnya mobile merujuk pada dukungan penggunaan Zoho Bigin melalui aplikasi perangkat mobile iOS maupun Android.

Biaya penggunaan Zoho Bigin adalah sebesar US$7 per pengguna per bulan. Pembayarannya adalah per tahun.