Find Us On Social Media :

Gandeng Telkom University & CIsco, Pemprov Jabar Tingkatkan Ketahanan Layanan Publik di Tengah Pandemi

By Liana Threestayanti, Rabu, 3 Juni 2020 | 14:00 WIB

Kolaborasi Pemprov Jabar, Telkom University dan Cisco

 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, Telkom University, dan Cisco berkolaborasi dalam inisiatif Kota Cerdas, yang salah satunya mendukung Ketahanan Pelayan Publik dalam menghadapi COVID-19 di Provinsi Jawa Barat.

Melalui program global Country Digital Acceleration (CDA), Cisco bekerja sama dengan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah di seluruh dunia untuk mengakselerasi agenda digitalisasi nasional. Tujuannya adalah agar dapat memberikan manfaat kepada masyarakat secara lebih cepat dan efektif. Indonesia adalah negara pertama di ASEAN yang turut serta dalam program global ini pada 2018.

Program CDA di Indonesia difokuskan pada lima bidang: pemerintahan digital, industri digital, BUMN digital, keamanan siber, dan pemerataan digitalisasi. Jawa Barat sebagai salah satu provinsi terbesar di Indonesia telah memutuskan untuk mengambil fokus program pada digitalisasi pemerintahan. Kerja sama ini terjalin di saat penting yaitu ketika seluruh pemangku kepentingan di berbagai sektor sedang mencari solusi dalam menghadapi tantangan pandemi COVID-19.

Marina Kacaribu, Managing Director, Cisco Indonesia, mengatakan, “Inovasi dan adopsi digital telah muncul sebagai pilar utama pertumbuhan Indonesia. Selama beberapa tahun terakhir, teknologi digital telah mengubah kehidupan kita dan mendorong pertumbuhan sosial-ekonomi. Bersamaan dengan laju inovasi teknologi, transformasi digital akan memainkan peranan makin penting di tahun-tahun mendatang.”

Cisco berperan dalam menyediakan sarana kolaborasi dan komunikasi yang aman dan andal melalui konferensi video, menjalankan aplikasi penting seperti aplikasi pengujian dan pelacakan (Test and Trace), dan memungkinkan pemerintah provinsi tetap menjalankan fungsi pelayanan publik yang penting melalui dukungan berupa kemampuan kerja di rumah secara aman untuk para staf Pemprov.  

“Cisco merasa terhormat memiliki kesempatan berperan aktif dengan mendukung ketersediaan platform infrastruktur yang aandal dan aman untuk informasi dan komunikasi publik dalam menghadapi COVID-19,” Marina menambahkan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memandang kolaborasi antara Pemprov Jabar dengan Telkom University dan Cisco sebagai langkah penting untuk mendukung infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi terutama dalam penanganan pandemi COVID-19. “Di masa genting penanganan COVID-19, dukungan platform teknologi informasi dan komunikasi yang matang dapat menunjang efisiensi, kecepatan penyampaian informasi, keterjangkauan, dan transparansi pada layanan-layanan publik Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat,” imbuh pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Telkom University sebagai salah satu institusi akademis terkemuka telah aktif mendukung Pemprov Jabar dalam berbagai inovasi digital, terutama dalam aplikasi kota cerdas dan pemerintahan digital. Cisco akan mendukung Telkom University dengan teknologi dan solusi di bidang kolaborasi, komunikasi, jaringan, pusat data dan keamanan siber, yang dapat digunakan untuk penelitian dan pengembangan lebih lanjut.

Prof. Dr. Adiwijaya, Rektor Telkom University, mengatakan: “Kemampuan untuk mendorong dan menciptakan berbagai inovasi sangatlah penting dalam mewujudkan visi digitalisasi ekonomi Indonesia. Seluruh pemangku kepentingan seperti institusi pendidikan, pemerintah dan sektor swasta, perlu bersinergi bersama. Kami merasa bangga dapat bekerjasama dengan Cisco dengan teknologi dan solusinya yang membantu kami mengembangkan aplikasi inovatif baru guna mempercepat inisiatif kota cerdas dan pemerintahan digital Provinsi Jawa Barat, terutama saat ini dimana ketahanan pelayanan publik sangat dibutuhkan.”