Find Us On Social Media :

Lenovo Siap Hadirkan Legion dan IdeaPad Gaming Baru di Indonesia

By Cakrawala, Rabu, 3 Juni 2020 | 17:00 WIB

Lenovo siap untuk menghadirkan tiga laptop baru untuk bermain gim di Indonesia. Salah satunya adalah Lenovo Legion 5i yang telah menggunakan prosesor Intel Core Generasi ke-10.

Lenovo siap untuk menghadirkan sejumlah laptop baru untuk bermain gim alias gaming di Indonesia akhir bulan ini. Hal itu disampaikannya hari ini tatkala menyingkap spesifikasi ketiga laptop yang akan dihadirkannya itu. Dibandingkan generasi sebelumnya, ketiga laptop tersebut menawarkan sejumlah peningkatan seperti penggunaan prosesor terkini dan Wi-Fi 6. Lenovo pun meyakini ketiganya makin bisa memenuhi keinginan para pemain gim di tanah air yang jumlahnya dipercaya makin meningkat. Adapun ketiga laptop tersebut adalah Lenovo Legion 5i, Lenovo Legion 5, dan Lenovo IdeaPad Gaming 3i.

"Apabila kita membicarakan mengenai physical distancing, terdapat perubahan perilaku masyarakat dalam menghabiskan waktu secara digital, termasuk dalam bermain game. Melihat data dari Twitter, percakapan di industri game di Indonesia sangat berkembang," ujar Budi Janto (General Manager, Lenovo Indonesia). "Di Lenovo kami selau mendengarkan apa yang diinginkan konsumen kami dan mencoba yang terbaik untuk menyediakan perangkat game yang memenuhi kebutuhan mereka," jelas Budi Janto lagi.

Peningkatan pasar gaming di tanah air juga disampaikan oleh GfK. Menurut GfK, pasar gaming di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2020 meningkat sebesar 94% dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Sementara, juga menurut GfK, pendekatan Lenovo yang mendengarkan konsumennya sedikit banyak berhasil membuat Legion bertumbuh lebih tinggi dari pasar gaming di Indonesia, yakni 110% dalam jumlah unit, untuk periode yang sama

Selain menyingkap spesifikasi tiga laptop untuk bermain gim yang akan dihadirkan dalam waktu dekat, Lenovo juga menjelaskan pengadopsian model penamaan baru untuk lini Legion yang hadir pada tahun 2020. Kini penamaannya mengadopsi 3, 5, dan 7 yang mirip dengan penamaan prosesor Intel di masa lalu; i3, i5, dan i7. Lenovo Legion seri 3 adalah untuk entry-level gaming, seri 5 untuk mainstream gaming, dan seri 7 untuk premium gaming.

Lenovo Legion 5i hadir dengan prosesor Intel Core Generasi ke-10 sampai Intel Core i7-10750H. Menemani prosesor terbaru Intel itu antara lain adalah memori utama sampai 16 GB DDR4-2933, kartu grafis sampai NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti, media simpan SSD PCI-Express 512 GB, layar IPS 15,6 inci dengan resolusi Full HD, Wi-Fi 6, dan baterai 80 Wh. Meski bukan seri RTX, NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti sudah menggunakan arsitektur terkini NVIDIA, Turing, hanya saja dengan fitur yang lebih terbatas. Sementara, memori utama 16 GB DDR4-2933 dan media simpan SSD PCI-Express 512 GB sudah mumpuni untuk berbagai gim masa kini. Wi-Fi 6 sendiri memungkinkan koneksi dengan throughput yang lebih baik dari Wi-Fi 5, sedangkan baterai 80 Wh diklaim bisa menenagai laptop ini sampai delapan jam. Adapun untuk layar IPS 15,6 incinya, Lenovo Legion 5i memberikan opsi sampai yang memiliki refresh rate 144 Hz dengan tingkat kecerahan 300 cd/m2 dan color gamut 100% sRGB.

Selain itu, Lenovo Legion 5i juga dilengkapi dengan kibor TrueStrike dan sistem pendingin ColdFront 2.0. Kibor TrueStrike menawakran antighosting 100%, waktu respons yang kurang dari 1 ms, dan tidak mudahnya minyak menempel meski tangan yang menyentuhnya berminyak. Sementara, sistem pendingin ColdFront 2.0 menawarkan kinerja pendinginan yang lebih baik dari sistem pendingin ColdFront yang digunakan pada generasi sebelumnya. Tak hanya itu, Lenovo juga mengklaim Legion 5i memiliki desain yang gaya alias stylish. Lenovo memang ingin menghadirkan desain yang minimalis dan kinerja yang terbaik pada seri Legion-nya; dikenal dengan "Stylish on the Outside, Savage on the Inside".

Berbeda dengan Lenovo Legion 5i, Lenovo Legion 5 hadir dengan prosesor AMD Ryzen terkini. Embel-embel i pada Lenovo Legion 5i memang menunjukkan pengunaan prosesor Intel. Lenovo Legion 5 menggunakan prosesor sampai AMD Ryzen 7 4800H, memori utama sampai 16 GB DDR4-3200, dan kartu grafis sampai NVIDIA GeForce GTX 1650 Ti. Sementara, komponen pendukung lainnya menyerupai komponen pendukung Lenovo Legion 5i, termasuk juga kibor, sistem pendingin, dan bodinya. NVIDIA GeForce GTX 1650 Ti sendiri juga sudah menggunakan NVIDIA Turing, tetapi kinerjanya masih kalah dengan NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti.

Salah satu "fitur" Lenovo IdeaPad Gaming 3i adalah pilihan warnanya yang menawarkan Chameleon Blue yang bisa berubah tatkala terkena cahaya.

Sementara, Lenovo IdeaPad Gaming 3i hadir dengan prosesor sampai Intel Core i7-10750H, memori utama sampai 16 GB DDR4-2933, kartu grafis sampai NVIDIA GeForce GTX 1650 Ti, media simpan SSD PCI-Express 512 GB, layar IPS 15,6 inci dengan resolusi Full HD dan refresh rate 120 Hz, Wi-Fi 6, dan baterai 45 Wh. Selain itu, Lenovo IdeaPad Gaming 3i telah menggunakan advanced gaming keyboard yang meningkatkan kenyamanan penggunaan, serta telah pula diuji menurut MIL-STD-810G dan berhasil memenuhi kriteria yang ditentukan sehingga lebih tahan banting. Baterai 45 Wh-nya sendiri diklaim bisa menenagai laptop ini sampai tujuh jam.

Lenovo Legion 5i ditawarkan dengan harga mulai dari Rp16.999.000, Lenovo Legion 5 mulai dari Rp15.999.000, dan Lenovo IdeaPad Gaming 3i mulai dari Rp13.499.000. Ketiga laptop itu juga telah dilengkapi dengan Microsoft Office Home and Student 2019 dan backpack. Pembelian pada masa promosi akan mendapatkan tambahan berupa gaming mouse dan steam wallet dengan jumlah tertentu. Khusus steam wallet adalah untuk pembeli Lenovo Legion 5i dan Lenovo IdeaPad Gaming 3i yang beruntung.