Find Us On Social Media :

Terungkap Dua Alasan Mengapa Telkom Memblokir Netflix di Indonesia

By Adam Rizal, Sabtu, 6 Juni 2020 | 13:00 WIB

IndiHome Netflix

Saat ini Telkom masih belum mengizinkan akses Netflix ke dalam layanan Telkomsel dan Indihome karena dua alasan.

Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk, Ririek Adriansyah menjelaskan soal alasan mengapa pihaknya memblokir layanan streaming Netflix. Sampai saat ini Netflix belum bisa diakses melalui provider Telkomsel dan Indihome.

"Secara bisnis kita ingin membuka (akses ke layanan streaming) Netflix. Kita terpaksa menutup dari 2016 karena at least ada dua alasan besar," kata Ririek dalam live Instagram.

Alasan pertama Telkom memblokir Netflix adalah soal perlindungan terhadap konsumen. Berikutnya, dia menyebut ada sejumlah konten Netflix yang dianggap belum sesuai budaya masyarakat Indonesia.

"Jangan tanya kontennya apa ya hehe. Jadi, itu kurang pantas dilihat oleh beberapa masyarakat," tuturnya.

Ririek mengatakan, pada dasarnya Telkom ingin membuka blokir terhadap layanan Netflix. Telkom membuka peluang agar layanan perusahaan asal Amerika Serikat itu bisa diakses oleh pelanggan Telkomsel maupun Indihome.

"Secara bisnis kita ingin membuka Netflix tapi kita sadar Netflix punya beberapa kelemahan. Dalam beberapa waktu terakhir kita sedang diskusi dengan Netflix," katanya.

Salah satu diskusi antara Telkom dengan Netflix adalah soal penyesuaian konten. Jika Netflix sudah menyesuaikan kebijakan terhadap konten-kontennya untuk masyarakat Indonesia, dipastikan layanan streaming itu bisa diakses lewat Telkomsem serta Indihome.

"Ini getting closer lah. Kalau gap ini bisa, maka akan segera kita buka (blokirnya)," imbuh dia.