Find Us On Social Media :

Platform Streaming Film GoPlay Galang Pendanaan Independen Pertamanya

By Rafki Fachrizal, Senin, 8 Juni 2020 | 11:40 WIB

Ilustrasi GoPlay

Platform streaming film besutan Gojek, GoPlay, mengumumkan penutupan putaran pendanaan independen pertamanya dengan nilai yang tidak disebutkan.

Pendanaan tersebut dipimpin oleh ZWC Partners dan Golden Gate Ventures, serta didukung beberapa investor lain yaitu Openspace Ventures, Ideosource Entertainment, dan Redbadge Pacific.

Nantinya, dana segar yang berhasil dikumpulkan tersebut akan digunakan GoPlay untuk meningkatan teknologi di platformnya.

Menanggapi soal pendananaan ini Edy Sulistyo selaku CEO GoPlay mengatakan, “Kami bekerja keras untuk membangun teknologi dan menyempurnakan fitur-fitur GoPlay selama setahun terakhir ini. Sehingga, sekarang saatnya untuk merangkul para partner yang memiliki keahlian mendalam di industri untuk memacu pertumbuhan kami.”

“Dengan menggabungkan sumber daya, keahlian para partner dan rekam jejak Gojek di Indonesia, GoPlay berada dalam posisi yang tepat untuk dapat terus mendukung dan menumbuhkan industri kreatif Indonesia, sekaligus menjangkau lebih banyak konsumen dengan konten lokal berkualitas," tambahnya.

Baca Juga: Opensignal: Pengalaman Streaming Video di Indonesia Kini Lebih Baik

Dari sisi investor, Patrick Cheung selaku Founding & Managing Partner ZWC Partners mengatakan bahwa pihaknya sangat optimis melihat potensi sektor hiburan online yang berkembang pesat di Indonesia.

Apalagi, seperti diketahui bahwa di masa pandemi seperti saat ini terjadi peningkatan terhadap pengguna internet yang menggunakan platform streaming film seperti GoPlay.

“Dengan menggabungkan pengalaman kami selama bertahun-tahun di sektor media dan teknologi, ekosistem teknologi Gojek dan kemampuan tim GoPlay, kami percaya bahwa GoPlay dapat mempercepat pertumbuhannya secara eksponensial,” jelas Cheung.

Sementara itu, Managing Partner Golden Gate Ventures Jeffrey Paine menambahkan, “Dengan memanfaatkan jangkauan Gojek serta kemampuan GoPlay, kami berencana untuk memperluas akses ke lebih banyak konten lokal yang dapat dibanggakan; sehingga memperkuat rasa kebersamaan di antara masyarakat yang menginginkan konten berkualitas."

Sedangkan CEO Ideosource Entertainment (anak perusahaan NFCX) Andi Boediman mengatakan, “Melihat pertumbuhan dan permintaan akan konten streaming dewasa ini, kami percaya bahwa pasar konten Indonesia berpotensi untuk mencapai US$1 miliar dalam tiga tahun ke depan. Karenanya, GoPlay akan memainkan peran strategis di dalam ekosistem Gojek untuk menjangkau pengguna baru, meningkatkan user engagement, dan mempertahankan para pengguna yang ada melalui konten on-demand berkualitas.”

Baca Juga: Singapura Gunakan Wearable Device untuk Mencegah Penyebaran Covid-19