Find Us On Social Media :

Unboxing dan Hands-on Redmi Note 9: Tampilannya Mirip Flagship

By Dayu Akbar, Selasa, 9 Juni 2020 | 17:00 WIB

Xiaomi kembali meluncurkan seri Redmi Note yang lebih ditujukan untuk segmen konsumen yang lebih pemula dan ditawarkan dengan harga lebih terjangkau. Ada dua seri yang diluncurkan untuk pasar Indonesia yaitu Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro. Dan kali ini Infokomputer berkesempatan mencoba seri Redmi Note 9.Redmi Note 9 hadir dalam kotak penjualan yang mirip dengan Redmi Note 8. Dengan dominasi warna putih dan gambar unit dibagian depan dengan tulisan besar Redmi Note 9. Dalam paket penjualan terdapat satu unit smartphone, power adaptor, kabel USB type-C, case warna hitam, SIM ejector, dan panduan pengguna. Dan sama seperti seri sebelumnya, seri ini juga tidak menyertakan earphone.

Unit yang kami terima memiliki warna Midnight Grey yang terlihat elegan. Meski menyasar kelas menengah, Redmi Note 9 memiliki tampilan mewah. Untuk bodi belakangnya, kami suka karena meski menyasar segmen low-mid, desainnya terlihat seperti smartphone flagship. Asiknya, lapisan ini tidak terlalu mudah kotor seperti lapisan glossy pada umumnya. Meski bercak jari atau tangan tetap terlihat tapi tidak sampai mengganggu tampilannya. Untuk membersihkannya pun mudah, cukup dengan lap atau kain kering berbahan lembut.

Bagian belakangnya disematkan empat kamera yang tersusun dalam satu frame berbentuk kotak. Masing-masing dua kamera tersusun secara horisontal dengan desain frame yang membuatnya terlihat seperti smartphone kelas atas. Dibawahnya terdapat tulisan 48MP AI Quad Camera yang menegaskan kemampuan kamera utamanya. Dan didekatnya ada sensor pemindai sidik jari, serta lampu flash yang terpisah dari frame di sisi kanan.

Dari sisi depan, terdapat satu kamera selfie berupa punch hole yang mirip dengan flagship Samsung Galaxy S20. Untuk layarnya memiliki ukuran 6,53 inci serta resolusi 1080 x 2340 pixels dengan ukuran bezel yang cukup tipis. Meski layar sudah terlindung Gorilla Glass 5 namun Redmi Note 9 ini masih ditambah screen protector.

Untuk tombol fisik, sisi kanan ada tombol volume dan power. Sisi kiri terdapat slot kartu yang berisi kompartemen yang bisa menampung hingga dua kartu SIM dan satu kartu microSD. Sisi bawah menyediakan konektivitas berupa posrt USB type-C, satu port jack audio 3.5mm, satu lubang mikrofon, dan speaker mono. Dan bagian atas terdapat mikrofon dan sensor infra red yang bisa berfungsi sebagai remote control untuk peralatan elektronik.

Sistem operasi yang digunakannya yaitu Android 10 berbalut MIUI Global 11.0.1. Fitur-fitur MIUI yang ada disini diantaranya Dark Mode, opsi menyembunyikan punch hole, keamanan akses dengan adanya fingerprint dan face unlock, serta icon baru yang terlihat lebih fresh. Redmi Note 9 hadir dalam pilihan warna Forest Green, Polar White, dan Midnight Grey dan memiliki dua varian, untuk versi RAM 4GB dan ROM 64GB dijual dengan harga Rp2.399.000 dan versi RAM 6GB dan ROM 128GB seharga Rp2.799.000.