Find Us On Social Media :

Adopsi Anthos, XL Axiata Siap Dukung Transformasi Digital di Indonesia

By Liana Threestayanti, Rabu, 10 Juni 2020 | 17:50 WIB

XL Axiata mengadopsi Google Cloud Anthos, siap akselerasi transformasi digital di Indonesia.

 

Dorong percepatan transformasi digital di Indonesia, XL Axiata mengimplementasikan Google Cloud Anthos dan menjadi bagian dari GCP Interconnect Partner.

Dengan satu platform tunggal pengelolaan microservice Kubernetes, penyedia layanan telekomunikasi ini berharap dapat memindahkan 70% dari workload-nya ke cloud dalam waktu tiga tahun. Google Cloud Anthos akan mengotomatisasi, mengelola, dan meningkatkan seluruh workload, baik yang ada di di lingkungan hybrid dan multi cloud. 

Dengan memigrasikan platform microservice-nya ke Google Cloud, XL Axiata ingin memperluas kemampuan cloud-nya baik di lingkungan on-premises maupun pada sumber daya berbasis cloud. XL Axiata juga membawa Anthos Google Kubernetes Engine (GKE) ke data center on-premises nya. 

Yessie D. Yosetya, Chief Information & Digital Officer XL Axiata mengatakan bahwa langkah adopsi Anthos adalah bagian dari komitmen XL Axiata untuk memodernisasi infrastruktur demi business agility dan kecepatan deployment aplikasi yang lebih baik. 

“Anthos cocok (untuk XL Axiata) karena memungkinkan kami mengadopsi container dan menyerahkan pengelolaan infrastruktur container kami pada Google, sebagai pemimpin di area Kubernetes," imbuhnya.

Tingkatkan Pengalaman Pelanggan dengan AI

Menurut Yessie Yosetya, XL Axiata juga akan mengimplementasikan platform data analytics Google Cloud untuk meningkatkan pengalaman pelanggan melalui teknologi data dan  artificial intelligence (AI). Tentunya XL Axiata pun akan menuai manfaat dari Google Cloud Platform (GCP) region yang akan dibuka di Jakarta karena dapat menyimpan, memroses, dan menganalisis data secara real time.  

"Service provider di seluruh dunia sedang melakukan transformasi yang berpusat pada cloud untuk mendorong layanan baru, peluang pendapatan, dan pengalaman," ujar Megawaty Khie, Country Director Indonesia, Google Cloud. “Dengan Anthos, kami menyajikan platform yang konsisten bagi XL Axiata untuk men-deploy workload di lingkungan on-premises dan cloud sehingga mereka dapat mengakselerasi transformasi digitalnya."

Menjadi Interconnect Partner

Sebagai bagian dari kolaborasi kedua perusahaan, XL Axiata juga telah bergabung dalam ekosistem Google Cloud Interconnect Partner, yaitu sebuah layanan yang dihantarkan melalui ekosistem kanal vendor. 

Melalui Partner Interconnect, pelanggan dapat melakukan transfer data di antara lima data center XL Axiata dan jaringan global Google Cloud, melalui direct route pada jaringan privat XL Axiata. 

“Kolaborasi kami dalam Partner Interconnect akan memungkinkan perusahaan dalam berbagai skala di Indonesia memperoleh akses konektivitas berkecepatan tinggi untuk menciptakan pengalaman baru bagi pelanggan," ujar Megawaty Khie.