Find Us On Social Media :

Adjust: Gim Hiperkasual Bertumbuh Pesat Pada Kuartal Pertama 2020

By Cakrawala, Kamis, 11 Juni 2020 | 21:30 WIB

Menurut Adjust, gim hiperkasual mengalami pertumbuhan pesat pada kuartal pertama tahun 2020 yang baru lalu secara global akibat pandemi COVID-19.

Menurut Adjust bersama Unity Technologies, gim hiperkasual — gim sangat santai/sederhana/ringan — mengalami pertumbuhan pesat pada kuartal pertama tahun 2020 yang baru lalu secara global. Dibandingkan bulan Desember tahun 2019, jumlah instalasi gim hiperkasual dan sesi memainkan gim hiperkasual pada perangkat seluler menigkat signifikan di berbagai negara di dunia. Penyebabnya diyakini adalah pandemi COVID-19. Pasalnya, pandemi COVID-19 membuat banyak orang terpaksa berada di rumah berhubung dilakukannya pembatasan sosial. Gim hiperkasual menjadi salah satu cara sebagian masyarakat dunia mengisi waktunya selama berada di rumah tersebut. Hal ini tentu menjadi peluang bagi para pembuat aplikasi.

“Gim hiperkasual semakin banyak diminati belakangan ini saat masyarakat berdiam di rumah karena pandemi COVID-19, kondisi ini menimbulkan persaingan yang ketat untuk menarik pengguna,” ujar Agatha Hood (Head of Global Advertising Sales, Unity Technologies). “Dengan memahami metrik dan mechanics di balik gim hiperkasual, pembuat aplikasi dapat secara efektif menyusun strategi akuisisi pengguna dan monetisasi mereka agar dapat mencapai kesuksesan, yang sesuai dengan realita baru yang kita hadapi saat ini," tambah Agatha Hood.

“Gim hiperkasual dengan cerdas menggabungkan pengalaman iklan terbaik dan mechanics yang paling menarik untuk menjangkau sebanyak mungkin pemain dari berbagai kategori. Genre ini telah mendesain ulang model tradisional yang berkaitan dengan akuisisi pengguna dan monetisasi iklan,” sebut Paul H. Müller (co-founder dan CTO Adjust). “Ketertarikan pengguna terhadap gim seperti ini tidak bertahan lama dan mereka senantiasa mencari aplikasi berikutnya, yang dibuat oleh perusahaan yang sama, untuk dimainkan — kondisi ini menimbulkan efek bola salju, karena pengguna beralih dan menambah basis pengguna perusahaan,” jelas Paul H. Müller.

Adjust bekerja sama dengan Unity Technologies menemukan bahwa selama kuartal pertama tahun 2020 ini, tepatnya pada bulan Maret tahun 2020, jumlah instalasi gim hiperkasual di dunia meningkat 103% dibandingkan bulan Desember tahun 2019. Peningkatan terbesar terjadi di Cina dengan pertambahan sekitar 350%.

Sementara, untuk jumlah sesi, gim hiperkasual secara global mengalami peningkatan sebesar 72% pada bulan Maret tahun ini dibandingkan bulan Desember tahun lalu. Peningkatan terbesar juga terjadi kembali di Cina dengan pertambahan sekitar 300%.

Di beberapa negara, puncak pertumbuhan instalasi gim hiperkasual memang terjadi sekitar bulan Maret tahun 2020. Namun, peningkatan jumlah instalasi tersebut terjadi sepanjang kuartal pertama tahun ini. Adapun untuk sesi bermain gim hiperkasual, perningkatannya juga terjadi sepanjang kuartal pertama tahun 2020, tetapi besarannya tidak sefluktuatif instalasi gim hiperkasual.

Sebelum pandemi COVID-19, Adjust sendiri telah mendapati bahwa gim seluler makin populer di kalangan pengguna aplikasi sebagai alternatif untuk mengisi waktu luang. Diperkirakan total belanja 2,7 miliar pengguna gim seluler akan mencapai US$77,2 miliar pada tahun 2020. Bahkan, Adjust pun memperdiksikan gim seluler akan memperoleh pendapatan sebesar $95,4 miliar pada tahun 2022. Angka itu setara dengan 41% dari total pasar gim secara global yang diperkirakan akan sebesar US$196 miliar.