Find Us On Social Media :

Belom Kapok Nonton Film Gratis IndoXXI dan LK21, Ini Bahayanya

By Adam Rizal, Kamis, 11 Juni 2020 | 17:30 WIB

Situs Film LK21

Popularitas situ streaming film seperti IndoXXI, LK21, dan Ganool terus meroket selama pandemi virus COVID-19 dan PSBB karena banyak orang yang menghabiskan waktu dengan menonton film gratis di Internet.

Sayangnya, banyak orang tidak sadar bahwa menonton film dari situs nonton film online gratis yang tak legal seperti IndoXXI dan LK21 memberikan dampak bahaya yang besar terutama dari sisi keamanan.

Pengamat Siber dari Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi mengatakan situs streaming film gratisan itu memiliki dampak bahaya yang besar kepada penonton. Bisa saja situs yang terbuka secara otomatis dari ketika mengklik streaming film ini mengandung malware yang merusak perangkat komputer atau smartphone.

"Kita juga harus bertanya kenapa mereka mengasih secara free, apa untungnya? Ternyata mereka mengambil data kita. Mereka mengambil untung dari situ," jelas Ismail Fahmi.

Bagi para sineas, menonton streaming film serupa IndoXXI merusak hak cipta dan membuat mereka kehilangan pendapatan yang tak sedikit.

Hal itu bisa merusak industri perfilman di masa mendatang karena bisnis ini menjadi tak menjanjikan bagi para pekerjanya.

Bagi pemerintah, sering menonton di situs streaming film tak legal memberi citra buruk bagi negara karena pelanggaran hak cipta dan mengurangi pendapatan negara karena berkurangnya jumlah penonton di bioskop.

Fahmi pun menyarankan pengguna untuk mengakses situs streaming film legal seperti Netflix, Iflix dan sejenisnya. Sekarang ini biaya berlangganan situs ini sudah tergolong murah dan terjangkau.

"Mereka sering mengejar gratisan padahal ada harga yang lebih mahal dari dampak negatif mengakses situs streaming film ilegal. Komputer menjadi lambat, data diambil, itu mereka enggak sadar kalau cost itu lebih mahal," ungkapnya.