Find Us On Social Media :

Akuisisi Vizendo, Siemens Sediakan Solusi Pelatihan Virtual untuk Industri Otomotif

By Liana Threestayanti, Kamis, 11 Juni 2020 | 19:35 WIB

Ilustrasi Siemens

Akuisisi penyedia solusi pelatihan virtual berbasis VR/AR Vizendo AB, Siemens lengkapi portofolio digital enterprise dan layanan digitalnya. 

Langkah ini juga akan memperkuat penawaran Industry 4.0 kepada perusahaan-perusahaan otomotif, seperti BMW, Daimler, dan Ford yang sudah mengimplementasikan solusi digital twins dari Siemens.

Vizendo sendiri memiliki kontrak dengan beberapa perusahaan otomotif ternama, seperti BMW, Ford, Daimler, Jaguar Land Rover, Volkswagen, dan Volvo. Penyedia layanan jasa dan perangkat lunak untuk Virtual Operator Training (VOT) sejak 2004 ini juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan manufaktur pesawat terbang. Dan solusi pelatihan berbasis VR dan AR-nya digunakan untuk melatih, antara lain, staf produksi, pemeliharaan (maintenance), dan perbaikan (repair).

Vizendo menggunakan data CAD/PLM milik pelanggannya untuk membuat digital twins sebagai dasar untuk solusi VOT berbasis VR dan AR. Dan lebih dari 70% pelanggan Vizendo telah menggunakan Siemens Teamcenter untuk data CAD/PLM.

Pelatihan virtual memungkinkan perusahaan industri untuk mengurangi waktu pelatihan mereka dan mempercepat peluncuran produk baru dengan kualitas yang lebih tinggi. “Pelatihan virtual memiliki potensi pertumbuhan yang sangat besar. Layanan jasa dan perangkat lunak Vizendo secara ideal melengkapi layanan digital kami dan juga portofolio Digital Enterprise perusahaan,” tegas Karen Florschütz, CEO Unit Bisnis Layanan Pelanggan. 

“Inilah cara kami untuk secara efektif mendukung para pelanggan - mulai dari persiapan hingga awal produksi hingga optimalisasi berkelanjutan. Kemampuan untuk melatih karyawan mereka secara virtual dalam setiap fase dan dari mana saja secara signifikan dapat meningkatkan fleksibilitas pelanggan kami sekaligus mengurangi upaya dan biaya," lanjut Karen.

Erik Gustafsson, CEO Vizendo, menambahkan, “Bersama kita dapat mengeksplorasi potensi penuh dari teknologi inovatif dan keahlian pelatihan virtual Vizendo. Kehadiran global Siemens dan pengetahuan industri yang luas akan memastikan bahwa pelanggan kami saat ini dan di masa depan mendapat manfaat dari solusi inovatif dan terintegrasi dengan baik.”

Akuisisi ini mulai berlaku pada 1 Juni 2020. Dengan demikian, Vizendo adalah 100 persen anak perusahaan dari Siemens AB, Swedia. Dengan 23 perancang perangkat lunak dan teknisi pelayanan, Vizendo akan diintegrasikan ke dalam Unit Bisnis Layanan Pelanggan dari Digital Industries.