Find Us On Social Media :

Ketika UMR Setahun ternyata Lebih Kecil dari Dua Detik Jeff Bezos

By Wisnu Nugroho, Sabtu, 13 Juni 2020 | 16:05 WIB

Dua detik penghasilan Jeff Bezos ternyata lebih tinggi dari UMR Jakarta setahun

Menjadi CEO perusahaan teknologi memang tidak mudah. Persaingan bisnis yang ketat, tuntutan pemegang saham yang tinggi, serta tekanan publik yang galak, menciptakan beban pekerjaan yang berat bagi seorang CEO.

Akan tetapi, tuntutan berat itu juga dikompensasi pendapatan yang juga kelas “berat”. Apalagi jika kinerja keuangan perusahaan yang mereka pimpin memuaskan, karena gelontoran bonus dan kenaikan harga saham menjadi tambahan pendapatan bagi sang CEO.

Mungkin Anda bertanya, sebesar apa pendapatan CEO perusahaan teknologi global?

Situs SimpleTexting memiliki kalkulator digital unik yang membandingkan gaji Anda dengan pendapatan para petinggi perusahaan teknologi. Ada 15 nama di daftar tersebut, mulai dari Jeff Bezos (CEO Amazon sekaligus orang terkaya di dunia) sampai Mark Zuckerberg si pemilik Facebook. Ke 15 nama itu sendiri dipilih karena memiliki pendapatan terbesar jika dibandingkan CEO perusahaan teknologi lain.

Data SimpleTexting sendiri terbilang shahih karena dikumpulkan dari laporan pajak masing-masing individu di tahun 2019. Perlu dipahami kalau definisi pendapatan di sini bukan cuma gaji, namun juga insentif, bonus, dan nilai kepemilikan saham. 

Jika Anda “kuat mental” dan tertarik membandingkan gaji Anda dengan para CEO itu, silakan masukkan gaji per tahun Anda di kolom yang tersedia. Tentu saja, konversi dulu gaji Anda dari rupiah ke dollar. 

Setelah itu, pilih CEO mana yang ingin bandingkan gajinya. Saran kami, pilih Jeff Weiner (CEO Linkedin) yang gajinya paling rendah dari 15 nama yang terdaftar di kalkulator ini. Jika dirasa kurang menantang, bandingkan gaji Anda dengan Ginni Rometty (CEO IBM di tahun 2019 kemarin), yang gajinya relatif rendah dibanding lainnya.

Kami sendiri mencoba membandingkan gaji standar UMR Jakarta (sebesar Rp.4,27 juta sebulan atau Rp.51,2 juta/US$3665) dengan gaji 15 CEO tersebut. Hasilnya, gaji tersebut tidak lebih dari 143,84 menit (atau sekitar 2,5 jam) gaji seorang Jeff Weiner. Jika dibandingkan dengan Sundar Pichai (CEO Google), gaji tersebut hanya setara 40,91 menit.

Hanya butuh 0,02 menit (atau 1,2 detik) bagi Jeff Bezos untuk menyamai UMR Jakarta setahun

Namun yang mungkin lebih nyesek adalah ketika Anda membandingkan gaji tersebut dengan Jeff Bezos, CEO Amazon sekaligus orang terkaya di dunia. Soalnya, gaji UMR setahun itu tak lebih dari 0,02 menit atau 1,2 detik pendapatan seorang Jeff Bezos. 

Dengan kata lain, gaji pekerja UMR di Jakarta yang banting tulang setahun penuh tidak lebih besar dari waktu yang dibutuhkan Bezos untuk bersin.

Tapi, jangan patah semangat. Toh hidup bukan cuma soal penghasilan, tapi kebahagiaan. Selama kita bahagia, tidak perlu iri kan? *sekadar menghibur diri