Find Us On Social Media :

Operator Telekomunikasi 3 Indonesia Bangun Data Center dalam 40 Hari

By Cakrawala, Senin, 15 Juni 2020 | 21:00 WIB

Menggunakan solusi modular prefabricated, data center baru 3 Indonesia dibangun dalam waktu 40 hari dan bukannya 3 bulan atau 90 hari.

Operator Telekomunikasi 3 Indonesia hari ini mengumumkan keberhasilannya bersama Huawei membangun data center baru dalam waktu yang jauh lebih singkat dari biasanya. Menggunakan solusi modular prefabricated, data center baru itu bisa dibangun oleh 3 Indonesia dan Huawei dalam waktu 40 hari, lebih cepat signifikan dari 3 bulan atau 90 hari yang merupakan waktu yang umumnya diperlukan. Berlokasi di Malang, 3 Indonesia mengklaim data center baru tersebut sebagai penerapan solusi modular pertama untuk data center industri telekomunikasi di Indonesia.

“Pendirian data center baru di Malang merupakan bagian dari pengembangan jaringan yang kami lakukan secara masif untuk meningkatkan kecepatan internet, menekan latency, dan meningkatkan kapasitas jaringan secara keseluruhan,” ujar Desmond Cheung (Chief Technical Officer, Hutchison 3 Indonesia). “Lalu lintas data di Jawa Timur kian meningkat pesat dari waktu ke waktu. Data center baru ini akan membantu kami memberikan kinerja jaringan terbaik dan unggul bagi para pengguna kami, sehingga mereka dapat bermain online games lebih lancar dan mengakses internet lebih cepat. Lebih jauh lagi, data center ini akan membantu kami untuk mempersiapkan 5G di masa depan," sebut Desmond Cheung lagi.

“Huawei menerapkan solusi prefabricated modular yang menghemat waktu konstruksi secara signifikan untuk mendukung upaya 3 dalam pertumbuhan bisnis, core network cloudification, dan mempersiapkan jaringan 5G. Penerapan komersial pertama solusi modular prefabricated ini menandai kerja sama yang lebih erat antara 3 Indonesia dan Huawei Indonesia dalam membangun infrastruktur jaringan digital yang siap untuk menyambut 5G,” kata Roy Lu (Huawei Indonesia Director of Hutchison Subsidiary Account Department).

Menurut 3 Indonesia, data center adalah salah satu infrastruktur telekomunikasi seluler terpenting untuk sistem komunikasi jaringan yang mengelola konektivitas pengguna ke internet. Data center baru di Malang tersebut akan mempersingkat proses transmisi data dan membuat koneksi internet yang lebih cepat bagi para pengguna 3 Indonesia di Jawa Timur. Koneksi internet yang lebih cepat tentu membuat pengguna 3 Indonesia bisa menikmati internet secara lebih menyenangkan, seperti ketika bermain gim daring, mengunduh berkas, dan melakukan telekonferensi.

Adapun prefabricated merujuk pada metode yang merakit berbagai komponen lebih dulu di pabrik sehingga membentuk perangkat utuh atau bagian tertentu perangkat, lalu membawanya ke tempat yang diinginkan untuk dirakit lebih lanjut. Karena perakitan yang dilakukan di tempat yang akan menampung produk akhir lebih sedikit, waktu yang diperlukan bisa ditekan dibandingkan metode konvensional.