Find Us On Social Media :

Perluas Jangkauan, Facebook Hadirkan Developer Circles di Pontianak

By Cakrawala, Selasa, 16 Juni 2020 | 20:30 WIB

Laman Developer Circles dari Facebook.

Facebook memperluas jangkauannya untuk pengembang alias developer ke Indonesia bagian timur, tepatnya Pulau Kalimantan, dengan menghadirkan Developer Circles di Kota Pontianak. Developer Circles di Pontianak ini menambah Developer Circles yang telah dihadirkan Facebook sebelumnya di berbagai kota di Indonesia yang kebanyakan di bagian barat, yakni Medan, Batam, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali, dan Makassar. Hal itu disampaikan oleh Facebook belum lama ini sambil menegaskan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan teknologi melalui para pengembangnya.

Developer menjadi salah satu komunitas penting bagi perkembangan teknologi di Indonesia dan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kemampuan dan pertumbuhan para developer yang berada di seluruh Indonesia melalui beragam program dan pelatihan. Kami di Facebook percaya bahwa para developer di Indonesia dapat membangun beragam produk dan jasa di bidang teknologi yang membawa orang-orang saling berhubungan dengan cara yang bermakna serta membawa mereka lebih dekat melalui platform Facebook,” kata Virginia Yang (Director of Developer Partnerships and Programs for APAC, Facebook).

Facebook menyebutkan Developer Circles yang dihadirkannya sebagai sebuah wadah untuk mempertemukan para pengembang, serta merupakan program berbasis komunitas yang didedikasikan untuk para inovator. Developer Circles bertujuan agar para pengembang/inovator bisa mempelajari keahlian baru serta mengembangkan ide untuk dapat berkontribusi dalam pengembangan teknologi.

Developer Circles memungkinkan para pengembang berhubungan melalui Grup Facebook untuk saling bertukar ide, mengirimkan informasi, video, dan lainnya. Di dalam grup tersebut, Facebook juga akan memberikan berbagai pelatihan secara daring bagi para anggota komunitas untuk terus mengasah dan meningkatkan kemampuan mereka. Selain pelatihan reguler, Facebook pun melakukan pelatihan khusus seperti Developer Circles mentorship dan pelatihan untuk para pengembang berkebutuhan khusus.

Facebook sendiri memulai Developer Circles di Indonesia pada akhir 2016 lalu di kota Malang. Saat ini, Facebook, seperti telah disebutkan, memiliki sepuluh Developer Circles. Adapun Developer Circles di Pontianak akan menjadi yang kesebelas. Melalui sepuluh kota yang telah hadir, terdapat lebih dari 26.000 pengembang yang telah bergabung dalam Developer Circles. Facebook mengklaim pula sampai tahun 2019 telah melatih sekitar 8.000 pengembang. Selain di Indonesia, Developer Circles juga hadir di berbagai belahan dunia lain.