Find Us On Social Media :

Boks Penjualan Produk Logitech Akan diberi Label Transparansi Karbon

By Dayu Akbar, Rabu, 17 Juni 2020 | 17:15 WIB

Salah satu contoh labeling pada kotak penjualan mengenai informasi carbon tranparency

Logitech akan menjadi perusahaan elektronik konsumen pertama dunia yang memberi label dampak karbon secara rinci pada setiap produk kemasannya serta juga ke seluruh portofolio bisnisnya. Logitech melakukan terobosan ini sebagai salah satu upaya untuk menurunkan dampak karbon secara dramatis terhadap lingkungan.Nantinya Logitech akan mengkomunikasikan dampak karbon dari semua produknya di setiap kardus kemasan dan situs web perusahaannya. Diharapkan pemberian label dampak karbon pertama akan ada di produk gaming pada akhir tahun ini, yang kemudian dilanjutkan pemberian label tersebut ke seluruh portofolio sesuai rencana.Dan hingga saat ini, belum terlihat adanya pengetahuan yang diberikan kepada konsumen untuk memahami dampak individu mereka sendiri terhadap lingkungan. Logitech juga berharap agar konsumen ikut berdaya dan berkolaborasi akan pilihan mereka dalam menentukan pilihan mereka dalam membeli produk.Dengan adanya label transparansi karbon pada kemasan produk, Logitech akan memberikan pengetahuan akan dampak tersebut, mengkomunikasikannya kepada konsumen, dan memberdayakan mereka dalam pengambilan keputusan yang tepat saat membeli. Pada tahun 2019, Logitech menetralisir karbon dalam portofolio produk gaming-nya, mengumumkan dukungannya akan Perjanjian Paris, berikrar untuk membatasi jejak karbonnya untuk mendukung tujuan ambisius 1,5oC dan berkomitmen bahwa perusahaan akan menggunakan tenaga listrik dari sumber terbaharui secara eksklusif pada tahun 2030.Menghitung dampak karbonLogitech telah menghabiskan waktu bertahun-tahun mengembangkan kemampuan Life Cycle Analysis (LCA) yang mencerminkan dampak karbon suatu produk selama masa pakai produk tersebut, dari bahan mentah hingga pembuatan, distribusi, penggunaan konsumen, dan pada akhirnya memasuki akhir masa pakai. Penerapan alat LCA dan keahlian desain memungkinkan perusahaan untuk menganalisis dampak karbon, kadar racun (toxicity), dan sirkularitas dari berbagai produk dan bahan kemasan.Untuk menjaga integritas perhitungan internal perusahaan, Logitech akan bekerjasama dengan pihak ketiga yang mumpuni termasuk Natural Capital Partners, iPoint Group, dan penguji independen yang akan memverifikasi secara kritis dan memvalidasi tingkat dampak karbon produk sesuai standar sertifikasi DEKRA. Logitech secara sukarela mengomunikasikan informasi jejak karbon produk dan akan menyediakan akses online mengenai metodologi dan protokol yang diterapkan, pemenuhan standar kuantifikasi jejak karbon dan mengkomunikasikan penetapan label sesuai sertifikasi standar ISO 14067 dan ISO 14026.