Find Us On Social Media :

Update, Apple Bakal Ganti Nama Sistem Operasi iOS Jadi iPhone OS

By Adam Rizal, Senin, 22 Juni 2020 | 15:00 WIB

Apple Resmi Kenalkan iOS 13.

Tahun lalu, Apple mengubah nama sistem operasi iOS yang berjalan di iPad menjadi iPadOS. Kali ini giliran iOS untuk iPhone yang kabarnya bakal mengalami rebranding serupa.

Lewat akun Twitter miliknya, John Prosser, seorang pembocor ulung yang dikenal sering memberikan info seputar gadget, berkata bahwa nama iOS akan dikembalikan seperti masa iPhone generasi awal dulu, yakni "iPhone OS".

iOS dulu memang bernama iPhone OS. Sistem operasi ini diperkenalkan lewat iPhone generasi pertama yang meluncur pada 2007. Di luar nama iPhone OS, Prosser tidak mengungkapkan informasi lain.

Kicauan itu ditanggapi staf XDA Developers, Max Weinbach (@MaxWeinbach), yang juga dikenal sebagai pembocor gadget.

Dia mengaku mendapatkan kabar bahwa Apple akan mengubah nama iOS ke iPhone OS dan iPhone menjadi Apple Phone.

"Saya mendapat email yang mengatakan bahwa Apple akan mengubah nama iOS ke iPhoneOS dan iPhone menjadi Apple Phone. Tapi saya tidak percaya hal itu," tulis Weinbach dalam kicauan yang dialamatkan ke Prosser.

Sebagaimana dihimpun Apple Insider, tak diketahui apakah nama sistem operasi iPod Touch juga akan berubah menjadi iPhone OS, ataukah tetap iOS. Yang jelas, informasi di atas masih sebatas rumor.

Kalaupun benar, Apple diprediksi baru akan mengumumkan perubahan nama iOS dalam ajang WWDC 2020 yang akan berlangsung pada 22 Juni pekan depan.

Nama iPadOS sebelumnya juga diperkenalkan dalam acara WWDC tahun 2019.