Find Us On Social Media :

Hanya Berusia Seminggu, Bank Sentral Brazil Setop WhatsApp Pay

By Adam Rizal, Kamis, 25 Juni 2020 | 13:30 WIB

WhatsApp Pay

Bank Sentral Brasil menyetop operasi WhatsApp Pay yang baru berusia satu minggu. Layanan itu memungkinkan penggunanya mentransfer dana semudah mengirim foto.

Dalam pengumuman resminya, Bank Sentral Brasil mengatakan peluncuran layanan pembayaran digital ini tanpa analisis awal oleh bank sentral bisa merusak sistem pembayaran Brasil dari sisi persaingan, efisiensi dan privasi data.

Jika Visa dan Mastercard tidak memenuhi aturan ini, Bank sentral mengancam akan menjatuhkan sanksi administrasi, ujar bank sentral Brasil, seperti dikutip dari Reuters.

Untuk menghadirkan layanan Payment, WhatsApp bekerja sama dengan lembaga keuangan yakni Banco do Brasil, Nubank dan Sicredi. Transaksi ini akan diproses oleh Cielo, perusahaan payment gateway.

Cara mengaktifkan layanan ini dengan menghubungkan kartu kredit atau kartu kredit Visa dan Mastercard ke WhatsApp. Layanan ini gratis bagi pengguna individual sementara bisnis dikenakan fee sebesar 3,99%.

Juru Bicara WhatsApp mengatakan pihaknya akan melanjutkan kerja sama dengan 'patner lokal' dan bank sentral guna menghadirkan pembayaran digital kepada pengguna di Brasil menggunakan model bsnis terbuka bagi semua partisipan, yang menjadi perhatian bank sentral akan konsentrasi pasar.

Selasa (23/6/2020), sebelum operasi Visa dan Mastercard dengan WhatsApp ditangguhkan, bank sentral mengeluarkan peraturan yang memberikan regulator otoritas meminta pelaku pasar mendapatkan izin sebelum beroperasi dalam pembayaran.

WhatsApp meluncurkan layanan pembayaran digital di Brasil tanpa meminta izin dari bank sentral, karena beroperasi sebagai perantara antara konsumen dan lembaga keuangan.

Beberapa pengamat menyebut keputusan regulator sebagai reaksi berlebihan, sementara yang lain mengatakan WhatsApp menghadirkan risiko potensial dalam hal konsentrasi pasar dan privasi.

"Agak aneh bank sentral memutuskan menangguhkan WhatsApp karena regulator sudah dapat mengawasi semua pelaku pasar yang bergabung dengan WhatsApp," kata Carlos Daltozo, co-kepala ekuitas di Eleven Financial. "Selain itu, WhatsApp terbuka untuk membentuk kemitraan baru."

Mastercard mengatakan akan mematuhi aturan bank sentral dan terus mengembangkan lingkungan pembayaran yang inovatif. Facebook dan Visa tidak segera membalas permintaan komentar.

Cielo menolak berkomentar.