Find Us On Social Media :

Google for Startups Accelerator Telah Dibuka, Ini Startup yang DIcari

By Liana Threestayanti, Kamis, 25 Juni 2020 | 18:00 WIB

Program Google for Startups Accelerator: Southeast Asia kembali dibuka.

Program Google for Startups Accelerator: Southeast Asia kembali dibuka GoogleStartup di bidang apa yang berpeluang mendapat kesempatan mengikuti program ini?

Program ini merupakan program akselerator online selama tiga bulan bagi startup teknologi yang dianggap berpotensi besar dan baru memulai bisnisnya, di Asia Tenggara (Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina) dan Pakistan.

Sesuai situasi saat ini, Google khususnya mencari startup yang bertujuan untuk memecahkan tantangan yang sedang dihadapi dunia, yaitu startup yang mengupayakan solusi baru di bidang perawatan kesehatan, pendidikan, keuangan, atau logistik di tengah kendala pembatasan sosial ini; startup yang menggunakan Artificial Inteliigence,  machine learning, atau data analytics secara efektif; atau startup yang menggunakan teknologi untuk membuat dunia menjadi lebih inklusif bagi orang lanjut usia atau penyandang disabilitas.

Mengapa startup? Selama beberapa bulan ini, COVID-19 telah memicu perubahan besar dalam cara kita hidup dan bekerja, membuat banyak bisnis memikirkan ulang strategi dan roadmap produk mereka. Yang menjadi ujung tombak perubahan ini adalah para startup yang berinisiatif untuk memecahkan tantangan-tantangan yang baru dan tak terduga, seperti yang selama ini telah mereka lakukan--yaitu dengan fleksibilitas, teknologi adaptif, dan kegigihan.

Ekosistem startup di Asia Tenggara selama ini memang banyak melahirkan kreativitas dan inovasi. Wilayah ini kaya dengan sejarah para pengusaha lokal yang pandai menemukan solusi dan sering kali berhasil menumbuhkan ide lokal mereka menjadi perusahaan global. Startup adalah kandidat ideal untuk menjadi pengembang solusi bagi tantangan unik yang sedang kita hadapi, dan kami berkomitmen untuk mendukung mereka melakukannya.

Program yang sebelumnya bernama Google Launchpad Accelerator ini melanjutkan komitmen jangka panjang Google untuk membantu startup memecahkan tantangan teknis yang spesifik, dengan menyediakan sumber daya dan dukungan dari Google.

Sebagai bagian dari Google for Startups Accelerator, para pendiri startup yang terpilih akan menjelaskan tantangan terbesar yang mereka hadapi, lalu mereka akan dipasangkan dengan pakar-pakar dari Google dan industri yang relevan untuk memecahkan tantangan itu. Startup yang terpilih akan menerima bimbingan secara mendalam di bidang teknis dan bisnis serta diperkenalkan dengan tim yang relevan dari Google dan jaringan partner industrinya. Selain bimbingan dan dukungan project secara teknis, di dalam program ini juga akan ada pembahasan mendalam dan workshop yang berfokus pada desain produk, akuisisi pelanggan, serta pelatihan kepemimpinan bagi para pendiri startup.

Pendaftaran dibuka sampai 19 Juli 2020 bagi startup di Asia Tenggara (Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina) dan Pakistan.

 “Kami tahu bahwa keberhasilan startup akan juga membawa keberhasilan bagi komunitas dan ekonomi kita. Kami senang bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan generasi baru pelopor dan inovator yang akan membantu menentukan masa depan pemulihan ekonomi kita serta membangun kerja sama jangka panjang yang lebih erat di Asia Tenggara dan seluruh dunia,” tulis Google dalam rilis beritanya.