Find Us On Social Media :

Dua Supercomputing ini Dipersenjatai dengan AMD EPYC Generasi Ketiga

By Dayu Akbar, Minggu, 28 Juni 2020 | 09:00 WIB

Dua universitas mengumumkan penelitian baru sistem supercomputing yang ditenagai oleh prosesor AMD EPYC di server Dell EMC PowerEdge. Indiana University akan menggunakan Jetstream 2, sistem komputasi cloud terdistribusi delapan petaflop yang ditenagai oleh prosesor AMD EPYC Generasi Ketiga.

Sistem ini akan digunakan oleh para peneliti di berbagai bidang seperti AI, ilmu sosial, dan penelitian COVID-19. Sebelumnyua prosesor AMD EPYC juga telah mentenagai Big Red 200 di kampus Universitas Indiana.    "Jetstream 2 termasuk didalamnya komputasi, software, dan akses ke penyimpanan untuk individu dan tim peneliti di berbagai bidang penelitian," kata David Hancock, Director in Research Technologies, yang terafiliasi dengan Pervasive Technology Institute di Indiana University.

"Dengan prosesor AMD EPYC generasi berikutnya, Jetstream 2 akan menyediakan 8 petaflops daya komputasi cloud, memberikan lebih banyak akses ke teknologi canggih untuk memungkinkan pembelajaran mendalam dan teknik artificial intelligence."    Sedangkan Purdue University akan menggunakan Anvil, supercomputer yang ditenagai oleh prosesor AMD EPYC generasi mendatang, yang akan memberikan kemampuan komputasi canggih untuk mendukung beragam penelitian komputasi dan data intensif. AMD EPYC juga akan mentenagai klaster komunitas terbaru "Bell" Purdue, yang dijadwalkan untuk ditempatkan awal musim gugur ini.    Selain itu, CERN, laboratorium partikel terbesar di dunia, baru-baru ini memilih prosesor AMD EPYC Gen Kedua di server Gigabyte untuk memanfaatkan jumlah data masif dari percobaan Large Hadron Collider (LHC) terbaru mereka untuk mendeteksi dengan cepat partikel subatomik yang dikenal sebagai beauty quarks. Sebuah studi kasus baru merinci bagaimana perpaduan peningkatan bandwidth PCIe 4.0, kecepatan memori DDR4, dan prosesor AMD EPYC 7742 64 core yang memungkinkan peneliti untuk mengumpulkan stream data mentah yang dikumpulkan oleh 40 terabyte gesekan data yang terjadi setiap detik di LHC.