Find Us On Social Media :

Opensignal: Pengalaman Bermain Gim Mobile di Indonesia Kurang Baik

By Cakrawala, Selasa, 30 Juni 2020 | 18:00 WIB

Berdasarkan riset yang dilakukan Opensignal, pengalaman bermain gim mobile daring di Indonesia masih kurang baik.

Beberapa saat lalu, Opensignal mengeluarkan pendapatnya mengenai pengalaman bermain gim mobile di Indonesia, tepatnya gim mobile yang terkoneksi ke internet saat dimainkan dan koneksinya melalui jaringan seluler. Menurut Opensignal pengalaman bermain gim mobile daring seperti pada smartphone menggunakan jaringan seluler di Indonesia adalah kurang baik. Pasalnya, berdasarkan temuan Opensignal, jaringan seluler di tanah air sering kali belum mampu memberikan kinerja yang memadai untuk menghadirkan pengalaman bermain gim mobile daring yang baik.

Berdasarkan riset yang dilakukan Opensignal di 44 kota terbesar di Indonesia, hanya sebagian dari kota-kota itu yang dinilai memiliki jaringan seluler yang menawarkan pengalaman bermain gim mobile daring yang cukup/memadai. Penilaian yang dimaksud dilakukan oleh para pemain gim yang sesuai. Jumlah kota yang dinilai cukup/memadai atau rata-rata hanya 21, sedangkan 23 lagi dinilai buruk atau tidak dapat diterima.

Riset tersebut mencakup seluruh operator telekomunikasi seluler nasional dan menggunakan berbagai gim mobile daring yang populer seperti Call of Duty, PUBG, Arena of Valor, dan Braw Stars. Adapun batasan nilai antara cukup/memadai dan buruk adalah 65. Skalanya adalah 100 dan nilai yang lebih tinggi adalah yang lebih baik.

Dari riset Opensignal itu, pengalaman bermain gim mobile daring terbaik hadir di Palangka Raya dengan nilai 71,9. Sementara, yang terburuk hadir di Kota Kupang dengan nilai 53,1. Adapun kota-kota di Pulau Jawa sebagian masuk kelompok cukup/memadai dan sebagian lagi masuk kelompok buruk. Jakarta misalnya masuk pada kelompok cukup/memadai dan Kota Bandung masuk pada kelompok buruk. Kota di Pulau Jawa dengan pengalaman bermain gim daring terbaik sendiri adalah Kota Yogyakarta. Lengkapnya bisa Anda lihat pada tabel berikut.

Tabel Pengalaman Bermain Gim Mobile Daring di Beberapa Kota di Indonesia.

Opensignal pun meyakini pada operator telekomunikasi seluler di Indonesia bisa meningkatkan pengalaman bermain gim mobile daring untuk para penggunanya antara lain dengan meningkatkan kinerja UDP latency, packet loss, dan jitter. Angka yang lebih rendah biasanya menunjukkan kinerja yang lebih baik pada ketiga parameter tersebut.

UDP (user datagram protocol) latency merujuk pada responsivitas dari koneksi yang bila tinggi bisa membuat tindakan pemain gim butuh waktu lebih baru dilaksanakan. Packet loss adalah proporsi dari paket data yang tidak pernah mecapai tujuannya sehingga bila banyak maka tindakan yang dilakukan oleh pemain gim bisa tidak tercatat dan tidak dilaksanakan. Sementara, jitter adalah variasi dari waktu paket-paket data mencapai tujuannya yang bila besar membuat tindakan pemain gim yang berulang butuh waktu berbeda untuk dilaksanakan, meski tindakan tersebut adalah sama.

Berhubung banyak pengguna internet melalui jaringan seluler yang bermain gim mobile daring, Opensignal  meyakini pengalaman bermain gim mobile daring menjadi hal penting untuk operator telekomunikasi seluler. Apalagi, saat ini, bermain gim mobile daring menjadi makin populer di Indonesia.