Find Us On Social Media :

Unboxing dan Hands-on realme C11: Baterai Besar Desain Tetap Ergonomis

By Dayu Akbar, Selasa, 30 Juni 2020 | 15:30 WIB

realme C11 resmi meluncur untuk pasar tanah air dengan banderol harga terjangkau. Versi 2GB+32GB punya harga Rp1.599.000 sedangkan versi 3GB+32GB harganya Rp1.699.000. Pada paket penjualannya, realme C11 hadir dalam kotak warna kuning yang belakangan digunakan oleh seri realme terbaru lainnya, seperti realme 6 series. Didalamnya terdapat kelengkapan yang terdiri dari adaptor, kabel micro USB, SIM ejector, dan manual. Sesuai segmennya, kelengkapannya memang terbilang sederhana dan tidak menyertakan earphone.

Meski menyasar segmen entry level, C11 ini mengusung desain yang dirancang bertekstur garis garis yang kesat saat diraba. Terdapat satu garis lurus dengan lapisan lebih licin dengan tulisan realme secara menyamping. Terus terang kami suka karena Anda bisa lebih leluasa memegangnya tanpa perlua kuatir mudah kotor. Berbeda dengan yang memiliki lapisan glossy yang rentan kotor oleh jari atau tangan.

Di pojok kiri atas terdapat frame kotak dengan dua kamera dan satu lampu kilat didalamnya. Dua kamera tersebut masing-masing punya resolusi 13 MP sebagai kamera utama dan 2 MP untuk menampilkan efel bokeh. Tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Pepper Grey (abu-abu) dan Mint Green (hijau), unit yang kami tampilkan pada gambar adalah versi warna Pepper Grey. Dan pada C11 ini tidak terdapat sensor fingerprint.Unit smartphone-nya mengusung layar 6,5 inci dengan resolusi 720 x 1560 pixels. Bezel tiap sisi punya ukuran cukup standar dimana khusus bagian bawah sedikit lebih tebal. Menurut spesifikasinya, ukuran rasio layar ke bodi mencapai 88,7% yang mantap untuk segmen entry level. Bagian atas terdapat notch untuk menempatkan kamera depan yang memiliki resolusi 5 MP. Sebagai pelindung tambahan, layarnya sudah dilengkapi dengan screen protector untuk menghindari goresan.

Untuk tombol-tombol fungsi, sisi kana terdapat tombol Volume dan Power. Sedangkan sisi kiri terdapat slot kartu. Didalamnya menyediakan kompartemen yang bisa diisi dengan dua kartu SIM dan kartu microSD secara bersamaan. Kartu microSD yang bisa digunakan yaitu hingga kapasitas 256GB. Sedangkan bagian sisi bawah terdapat port audio serta port micro USB yang diapit oleh lubang speaker. Port micro USB ini mendukung OTG reverse charge sehingga dapat digunakan untuk mengisi daya produk AIoT realme.realme C11 memiliki baterai dengan kapasitas besar yaitu 5000 mAh. Menariknya, ini tidak membuat bodi menjadi tebal dan bobotnya yang berat. Ini menjadikannya tetap ergonomis dan nyaman digenggam. Menurut klaim realme, baterainya dapat bertahan selama 40 hari dalam mode siaga, memainkan musik hingga 169,8 jam, menonton film selama 21 jam, dan bermain game selama 12 jam.

Secara spesifikasi, realme C11 dipersenjatai dengan SoC baru yaitu Mediatek Helio G35 Octa-Core dengan fabrikasi 12nm. Karena masih baru inilah beberapa aplikasi mendeteksinya sebagai Helio P35 karena spesifikasinya yang mirip. realme C11 tersedia dalam dua varian memori 2GB+32GB dan 3GB+32GB yang ditunjang oleh RAM LPDDR4X. Dibandingkan dengan LPDDR3, kinerja grafis LPDDR4X ditingkatkan sebesar 20% dan kinerja RAM sebesar 100%. Sistem operasi yang digunakan yaitu Android 10 menggunakan user interface realme UI v1.0. Beberapa fitur keren yang diadopsinya diantaranya yaitu mode gelap (dark mode), split screen, app cloner, face unlock, sampai Game Space untuk optimalisasi sistem saat bermain game agar lebih lancar.realme C11 versi 2GB+32GB dan 3GB+32GB masing-masing dibanderol dengan harga Rp1.599.000 dan Rp1.699.000. Namun realme akan mengadakan flash sale pada tanggal 1 Juli jam 10 pagi di realme.com dan Lazada dengan tawaran harga lebih murah yaitu Rp1.499.000 dan Rp1.599.000.