Find Us On Social Media :

TIBCO GatherSmart Bisa Bantu Perusahaan Menerapkan Kembali ke Kantor

By Cakrawala, Rabu, 1 Juli 2020 | 21:15 WIB

TIBCO menyampaikan perihal kehadiran GatherSmart yang merupakan solusi untuk membantu perusahaan di dunia dalam menerapkan kembali ke kantor.

TIBCO minggu lalu menyampaikan perihal kehadiran GatherSmart yang merupakan solusi untuk membantu perusahaan di dunia dalam menerapkan lokasi bekerja karyawan atau sebagian karyawannya kembali ke kantor. TIBCO mengklaim GatherSmart akan membantu menilai kesiapan dari suatu karyawan untuk kembali bekerja di kantor sehubungan COVID-19 pada masa new normal. Karyawan yang memenuhi penilaian akan mendapatkan paspor digital yang menyatakan mereka diperbolehkan kembali bekerja di kantor. Hanya yang mendapatkan paspor digital inilah yang sewajarnya diperbolehkan masuk kantor untuk membantu mencegah penyebaran COVID-19 yang masih mewabah sampai saat ini di berbagai belahan dunia.

“Kesejahteraan setiap komunitas bergantung pada kesehatan, keselamatan, dan produktivitas tenaga kerjanya, terutama selama masa-masa sulit ini. Prinsip ini memandu misi kami untuk membantu memerangi pandemi, dan kami bangga menawarkan solusi kritis ini. GatherSmart menunjukkan kecepatan dan ketangkasan platform TIBCO Cloud kami, yang memungkinkan pengguna untuk dengan cepat menyesuaikan diri dengan keadaan yang berubah dan memfasilitasi transisi yang bertanggung jawab untuk kembali bekerja,” ucap Dan Streetman (Chief Executive Officer, TIBCO). "Alat ini, didukung oleh analytics visual dan data-data terkemuka di pasar dan ditawarkan oleh TIBCO dengan biaya rendah, memungkinkan organisasi untuk mengidentifikasi karyawan dan tamu yang berisiko secara real-time, memastikan tempat kerja yang lebih aman," tambahnya lagi.

TIBCO GatherSmart akan melakukan penilaian terhadap kesiapan suatu karyawan untuk kembali ke kantor sehubungan COVID-19 dengan mengambil data dari aplikasi mobile karyawan dan pusat kontrol perusahaan. Perusahaan akan menentukan kriteria yang harus dipenuhi agar karyawannya bisa bekerja kembali di kantor. TIBCO GatherSmart akan melakukan penilaian berdasarkan kriteria tersebut. Namun, perusahaan juga bisa menambahkan model analytics tingkat lanjut pada TIBCO GatherSmart bila diinginkan.

Setiap harinya karyawan harus mengisi terlebih dulu suatu survei kesehatan yang telah ditentukan oleh perusahaan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan tadi. Survei ini dilakukan pada aplikasi mobile karyawan, misalnya melalui smartphone. Nantinya, jika sang karyawan memenuhi penilaian yang dimaksud, karyawan tersebut akan beroleh paspor digital dan bisa bekerja di kantor untuk hari bersangkutan. Namun, jangka waktunya juga bisa diatur. Saat hendak masuk kantor, perusahaan bisa mewajibkan karyawan untuk menunjukkan paspor digital tadi untuk dipindai; hanya yang lulus yang boleh masuk.

Kondisi lingkungan sekitar tempat tinggal dari karyawan pun bisa ditambahkan sebagai kriteria tambahan penilaian. TIBCO GatherSmart bisa menambahkan informasi mengenai kondisi daerah yang dimaksud dengan mengambil data dari eksternal. Jadi, misalnya untuk daerah yang status COVID-19-nya masih merah, para karyawan yang tinggal di sana tetap tidak diperbolehkan masuk kantor tanpa melihat hasil surveinya.

TIBCO GatherSmart adalah bagian dari TIBCO4Good. TIBCO4Good adalah inisiatif TIBCO untuk memberikan kontribusi berupa peranti lunak, pelatihan, keahlian dan bimbingan strategis kepada aneka organisasi mitra dan komunitas. TIBCO GatherSmart bisa digunakan secara gratis untuk perusahaan dengan jumlah karyawan kurang dari lima puluh. TIBCO GatherSmart akan tersedia secara umum pada bulan Juli 2020 ini.