Find Us On Social Media :

Lima Kreativitas Merek di Indonesia pada Jejaring Sosial Twitter

By Cakrawala, Rabu, 8 Juli 2020 | 18:00 WIB

Lima kreativitas yang dilakukan para merek di Indonesia pada Twitter yang menjadi pilihan Twitter semasa wabah COVID-19.

Twitter Indonesia hari ini membagikan beberapa kreativitas dari merek di tanah air akibat wabah COVID-19 yang memanfaatkan jejaring sosial Twitter. Twitter Indonesia menilai para perusahaan pemegang merek tersebut terpaksa beradaptasi terhadap new normal akibat wabah COVID-19 di Indonesia. Twitter yang bersifat real-time pun digunakan oleh para merek itu untuk meluncurkan inisiatif maupun kampanye unik dan kreatif agar tetap relevan.

“Kesuksesan sebuah kampanye tidak hanya ditentukan dari kreativitas brand dari sisi konten, tapi juga bagaimana brand tersebut bersikap adaptif dengan keadaan. Dengan konsumsi konten digital yang semakin meningkat di masa pandemi ini, brand harus adaptif dalam menentukan platform apa yang perlu digunakan, untuk kegiatan apa, dan siapa audiens yang dituju. Tujuannya bukan hanya untuk meraih lebih banyak orang, tapi juga untuk tetap terhubung dengan audiens mereka dan menjadi bagian dari percakapan di Twitter,” ujar Dwi Adriansah (Country Industry Head, Twitter Indonesia).

Twitter meyakini bahwa pengguna Twitter adalah reseptif terhadap aneka perubahan dan hal baru. Hal tersebut bisa memberikan hasil positif untuk merek dalam mengumumkan inisiatif maupun kampanyenya. Merek perlu untuk meluncurkan inisiatif maupun kampanye yang relevan dengan yang sedang terjadi. Apalagi pengguna Twitter bisa memulai suatu tema yang menjadi tren dalam waktu tertentu.

Adapun lima kreativitas yang dilakukan para merek di Indonesia pada Twitter yang menjadi pilihan Twitter adalah seperti berikut.

Ikut Berkontribusi dalam Perjuangan Melawan Pandemi COVID-19Menanggapi kelangkaan perlengkapan pada kalangan tim medis, Nivea Indonesia (@nivea_id) meluncurkan produk hand sanitizer yang ditanggapi dengan baik oleh penguna Twitter. Produk yang didistribusikan secara gratis ke berbagai rumah sakit rujukan COVID-19 ini memperkuat citra Nivea karena turut mengambil peran aktif terhadap tantangan yang sedang terjadi

Video untuk Mengumumkan Peluncuran Layanan Terbaru

Wall’s Indonesia (@wallsidn) meluncurkan layanan pemesanan terbaru yang sesuai dengan arahan pemerintah untuk #dirumahaja dengan #BikinSemuaJadiHappy. Pendekatan emosional yang menawarkan kemudahan bagi konsumen itu menghasilkan percakapan yang menarik di Twitter.

Mengapresiasi Tenaga Medis dan Mengajak Pengguna BerbagiIndomie (@indomielovers) memberikan apresiasi kepada tenaga medis COVID-19 dan mendorong masyarakat untuk turut membantu mereka yang kesulitan mengakses alat pelindung diri agar bisa mendapat perlindungan maksimal selama bertugas. Hal tersebut sejalan dengan masyarakat yang juga banyak mengapresiasi tenaga medis COVID-19.

Selebrasi Virtual #RamadanDiRumah melalui Live Video StreamingIM3 Ooredoo (@IM3Ooredoo) menyelenggarakan “Konser Silaturahmi Ramadan” beberapa waktu lalu dengan melakukan sesi LIVE di Twitter. Konser virtual ini diramaikan dengan #SilaturahmiSetiapHari dan #Collabonation selama konser berlangsung. Konser ini pun dilihat lebih dari 300 ribu kali.

Bantuan Inovatif dengan Fitur Direct Message Chatbot

Samsung Indonesia (@SamsungID) mendekatkan diri dengan pengguna Twitter melalui tagar #DekatDiHati. Dengan karakter pengguna Twitter yang reseptif terhadap inovasi, Samsung mengemas promosi yang mereka miliki menggunakan Direct Message Chatbot. Fitur itu memungkinkan pengguna untuk mencari informasi lebih jauh tentang produk Samsung Galaxy sesuai dengan dana dan kebutuhan, termasuk informasi seputar promosi yang sedang berlangsung.