Find Us On Social Media :

Inilah Konsumsi Data Internet Jalan-jalan Virtual Menurut 3 Indonesia

By Cakrawala, Rabu, 8 Juli 2020 | 23:50 WIB

Ilustrasi jalan-jalan virtual.

Operator telekomunikasi 3 Indonesia hari ini menyampaikan hasil pengujiannya akan konsumsi data internet ketika berjalan-jalan virtual pada smartphone memanfaatkan koneksi internet. Operator 3 Indonesia ternyata menemukan bahwa jalan-jalan virtual dengan waktu yang tidak begitu singkat, mengonsumi data internet yang tidak begitu besar. Dengan kata lain, berjalan-jalan virtual pada smartphone memanfaatkan koneksi internet adalah feasible. Apalagi di masa liburan sekolah seperti yang masih berlangsung sampai saat ini.

“Tur virtual memberikan hiburan bagi kita dan keluarga yang harus menunda rencana perjalanan ketika liburan sekolah sekarang ini. Dengan fitur-fitur seperti teknologi street view dan video 360 derajat, kita dapat membayangkan bagaimana rasanya menelusuri tempat wisata favorit tanpa harus keluar dari rumah. Kami berharap teknologi dan produk kami dapat membantu pelanggan kami menikmati liburan virtual mereka,” ujar Desmond Cheung (Chief Technical Officer, Hutchison 3 Indonesia).

Operator telekomunikasi 3 Indonesia mencoba beberapa situs "pariwisata". Setiap situs pariwisata menawarkan pengalaman jalan-jalan atau liburan virtual dengan fitur yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan foto 360 derajat, teknologi street view, maupun berbasiskan video review. Dari hasil pengujian terbatas tersebut, konsumsi data internet yang diperoleh pun berbeda-beda. Yang paling hemat adalah yang street view, sedangkan yang paling boros adalah yang berbasiskan video review.

Dari pengujian terbatasnya, 3 Indonesia memperoleh konsumsi data internet rata-rata untuk yang street view adalah sebesar 30 MB. Sementara, konsumi data internet rata-rata untuk yang berbasiskan video review adalah sebanyak 350 MB. Adapun yang menggunakan foto 360 derajat, konsumi data internet rata-ratanya adalah 120 MB. Durasi jalan-jalan virtual pada pengujian  terbatas yang dilakukan 3 Indonesia bersangkutan adalah 30 menit.

Dengan kata lain, untuk yang menggunakan metode street view, berjalan-jalan virtual selama 30 menit secara rata-rata akan menghabiskan kuota internet sebanyak 30 MB. Namun, jika ingin menggunakan yang berbasiskan video review, 3 Indonesia juga memastikan kecepatan jaringannya telah ditingkatkan sampai delapan kali dibandingkan awal-awal implementasi 4G di Indonesia. Alhasil, dengan jaringan 4.5G Pro-nya, 3 Indonesia meyakini streaming tersebut akan berjalan lancar.

Nah, untuk menunjang jalan-jalan virtual itu, 3 Indonesia menawarkan pula menawarkan paket data dengan kuota lebih besar yang aktif selamanya, yakni AlwaysOn 8GB dan AlwaysOn 16GB. Kedua paket AlwaysOn ini diklaim 3 Indonesia bisa memenuhi semua kebutuhan berinternet setiap dan sepanjang hari pada semua Jaringan 3 Indonesia. Tersedia pula perdana AlwaysOn untuk yang pengguna baru.

Tabel pengujian terbatas yang dilakukan 3 Indonesia untuk konsumsi data internet jalan-jalan virtual menggunakan smartphone.