Find Us On Social Media :

Samsung Electronics Kembali Meraih Gelar Top Brand di Asia

By Liana Threestayanti, Jumat, 10 Juli 2020 | 16:15 WIB

Samsung Electronics kembali dinobatkan sebagai merek terbaik di Asia pada tahun 2020, sebuah prestasi yang berhasil dipertahankan Samsung selama sembilan tahun berturut-turut.

Predikat merek terbaik di Asia ini adalah berdasarkan hasil survei tahunan  ‘Asia’s Top 1000 Brands’ terhadap 15 kategori produk utama, termasuk produk otomotif, ritel, food & beverage, dan peralatan elektronik. Survei ini diselenggarakan oleh Campaign Asia-Pacific bekerja sama dengan Nielsen.  

Gelar Top Brand ini didasarkan pada pandangan konsumen dan menawarkan pengukuran yang jelas dari nama-nama merek yang sangat dihormati yang menjadi “top of mind” di kawasan Asia.

Samsung menjadi nomor satu dalam lima kategori dalam survei Top 1000 Brands tahun ini, termasuk: merek lokal terkuat, merek dengan rekor terbaik dalam keberlanjutan (kategori baru pada 2020), serta merek teratas dalam ponsel, TV, dan kategori teknologi rumah pintar.

Studi ini mengeksplorasi sikap konsumen di 14 pasar di Asia. Untuk memastikan keterwakilan yang akurat melalui penelitian ini, survei ini menargetkan usia, jenis kelamin, dan pendapatan rumah tangga bulanan untuk membangun lansekap survei yang berimbang.

Tentang Top 1000 Brands Asia

Top 1000 Brands Asia menggabungkan data dari survei online yang dikembangkan oleh Campaign Asia-Pasifik dan Nielsen, penyedia informasi dan insight global. Survei dilakukan antara tanggal 21 Februari sampai 19 Maret 2020.

Studi ini mengeksplorasi sikap konsumen di 14 pasar: Australia, Cina, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Penelitian diikuti oleh 400 orang responden di tiap pasar. Di Jepang, India dan Cina, partisipan di masing-masing tempat berjumlah 800, 1200 dan 2000 orang. Untuk mewakili populasi pasar, survei menggunakan kuota sasaran umur, jenis kelamin dan pendapatan rumah tangga bulanan.

Studi ini mencakup 15 kategori utama: alkohol; pakaian dan aksesoris; otomotif; minuman; elektronik konsumen; layanan kurir; jasa keuangan; makanan; peralatan rumah tangga; perawatan rumah tangga dan pribadi; media dan telekomunikasi; restoran; ritel; properti olahraga; dan transportasi, perjalanan dan rekreasi. Dalam kategori utama ini ada 84 subkategori. Kategori dan subkategori berubah sedikit setiap tahunnya. Tahun ini, subkategori baru yaitu layanan pesan ditambahkan dalam kategori media & telekomunikasi.

Ada tiga pertanyaan yang diajukan kepada responden survei ini:

Pertanyaan 1: “Ketika Anda memikirkan kategori berikut, merek terbaik apa yang muncul di benak Anda? Yang terbaik yang kami maksudkan adalah yang paling Anda percayai atau yang memiliki reputasi terbaik dalam kategori ini. ”

Pertanyaan 2: "Selain dari merek terbaik yang Anda masukkan, merek mana yang Anda anggap sebagai merek terbaik kedua dalam kategori ini?"

Pertanyaan 3: "Merek apa yang memiliki rekor terbaik dalam hal keberlanjutan?"