Find Us On Social Media :

Menurut IDC dan Gartner, Jumlah PC yang Dikapalkan Meningkat

By Cakrawala, Sabtu, 11 Juli 2020 | 20:35 WIB

IDC dan Gartner menyatakan bahwa jumlah PC yang dikapalkan secara global pada kuartal kedua tahun 2020 ini mengalami peningkatan. Penyebabnya antara lain kegiatan bekerja dari rumah yang meningkat.

Baik IDC maupun Gartner, belum lama ini, menyatakan bahwa jumlah PC yang dikapalkan secara global pada kuartal kedua tahun 2020 mengalami peningkatan. Memang yang dimaksud PC di sini oleh IDC dan Gartner adalah tidak sama persis, tetapi keduanya memasukan PC desktop dan laptop ke dalam jajaran PC tersebut. Keduanya pun menilai pertumbuhan tersebut berkat pandemi COVID-19, baik yang mengakibatkan banyak yang harus bekerja dan belajar dari jarak jauh, maupun karena pemulihan yang mulai berjalan seperti rantai suplai yang kini lebih baik.

"Permintaan yang kuat didorong oleh kebutuhan bekerja dari rumah begitu pula dengan e-learning yang melebihi ekspektasi sebelumnya dan sekali lagi meletakkan PC sebagai pusat dari portofolio teknologi para konsumen," sebut Jitesh Ubrani (Research Manager, Mobile Device Trackers, IDC). "Hal tersisa yang perlu dilihat adalah apakah permintaan dan tingkat penggunaan yang tinggi ini terus berlangsung pada suatu masa resesi dan masuk pada era setelah COVID karena bujet berkurang sambil sekolah serta tempat kerja kembali dibuka," tambah Jitesh Ubrani.

"Kuartal kedua dari 2020 merepresentasikan suatu pemulihan jangka pendek untuk pasar PC dunia, dipimpin oleh pertumbuhan yang luar bisa di EMEA," ujar Mikako Kitagawa (Rsearch Director, Gartner). "Setelah rantai suplai PC terkena disrupsi parah pada awal 2020 karena pandemi COVID-19, sebagian dari pertumbuhan pada kuartal ini adalah karena para distributor dan kanal retail mengisi ulang suplai mereka ke mendekati tingkatan normal," imbuh Mikako Kitagawa.

Menurut hasil awal riset IDC, jumlah PC tradisional yang dikapalkan secara global pada kuartal kedua tahun 2020 meningkat sebesar 11,2% dibandingkan kuartal kedua tahun 2019. Jumlah PC tradisional yang dikapalkan sendiri pada kuartal kedua tahun ini berdasarkan IDC adalah 72,3 juta unit.

Sementara, menurut hasil awal riset Gartner, jumlah PC yang dikapalkan secara global pada kuartal kedua tahun 2020 ini meningkat sebesar 2,8% dibandingkan kuartal kedua tahun 2019 lalu. Menurut hasil tersebut, jumlah PC yang dikapalkan pada kuartal kedua 2020 itu adalah 64,8 juta unit.

Adapun lima vendor PC tradisional teratas pada kuartal kedua tahun 2020 secara global menurut IDC adalah HP (25%), Lenovo (24,1%), Dell Technologies (16,6%), Apple (7,7%), dan Acer Group (6,7%). Kelima vendor PC teratas menurut Gartner pun terdiri dari vendor yang sama, hanya saja urutannya berbeda. Menurut Gartner, lima vendor PC teratas pada kuartal kedua tahun ini secara global adalah Lenovo (25%), HP (24,9%), Dell (16,4%), Apple (6,7%), dan Acer Group (6,2%).

IDC menyebutkan bahwa kategori PC tradisionalnya terdiri dari PC desktop, laptop, dan workstation. Sementara, Gartner menyebutkan kategori PC-nya terdiri dari PC desktop, laptop, dan ultramobile premium seperti Microsoft Surface, tetapi tidak termasuk Chromebook dan iPad.