Find Us On Social Media :

TikTok Luncurkan Platform Self-Serve untuk Dukung Pertumbuhan UKM

By Indah PM, Senin, 13 Juli 2020 | 17:30 WIB

TikTok

TikTok, platform video singkat yang tengah naik daun, meluncurkan platform self-serve TikTok for Business. Nantinya platform ini dapat digunakan oleh bisnis dalam segala ukuran untuk mengakses solusi periklanan.

Kehadiran solusi TikTok bagi UKM ini bertujuan untuk memberdayakan industri bisnis di Indonesia untuk menjangkau audiens yang tepat melalui komunitas TikTok yang kreatif dan inklusif. 

Data dari Ketua Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Akumindo) tahun 2018, UKM berkontribusi terhadap lebih dari 60 persen PDB Indonesia. Tetapi, pandemi COVID-19 ini memberikan dampak bagi UKM.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) dalam website resminya mengatakan bahwa penjualan online justru mengalami peningkatan.

Di sinilah pemerintah mendorong UKM untuk memanfaatkan platform digital. Saat ini, dari 60 juta UKM di Indonesia, hanya ada 8 juta yang menggunakan platform digital.   "Pemerintah menangkap keresahan pelaku UKM yang menginginkan adanya peningkatan penjualan melalui platform digital, dan itulah yang melatarbelakangi program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang terdiri dari dua target utama, yaitu mendorong penggunaan platform digital serta mendukung produk buatan dalam negeri,” kata Odo R.M. Manuhutu (Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi/Kemenko Marves). 

Laporan dari McKinsey tentang sentimen konsumen Indonesia selama pandemi, menyebutkan bahwa 54% konsumen menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengkonsumsi konten video. 

“Format video singkat dan komunitas TikTok yang terkenal akan kreativitas memberikan peluang bagi berbagai bisnis dan usaha, termasuk UKM, untuk menggaet pasar yang lebih dinamis serta pemasarannya yang lebih efektif dan interaktif,” kata Pandhu Wiguna (Direct Sales Leader, TikTok Indonesia). 

Pandu menyebut platform self-serve yang diluncurkan ini merupakan evolusi dari TikTok sebagai solusi periklanan masa kini.

"Dengan akses yang mudah dan fleksibel yang diberikan platform ini, UKM pun dapat segera melakukan digitalisasi dan membangkitkan kembali bisnisnya di masa new normal ini dan seterusnya,” ujar Pandu.